Thursday, October 9, 2008

Opera Cake

Ini sebenernya sebuah obsesi yang belum kesampean. Belum kesampean bikin yang rapih maksutnya. Uurgh pingin kursus kueee....

Dari awal nyobain cake ini, saya bener-bener jatoh cintrong. Enak buangeed... Waktu itu nyobanya buatan La Pattiserrie Grand Hotel Preanger Bandung. Boro-boro kepikiran buat bikin sendiri karena termasuk cake yang sulit. Gimana nggak, minimal 4 layer gitu.

Tapi terus terang saya agak heran waktu lihat bahan-bahan resep Opera Cake yang di millis NCC, kok buanyak banget telurnya. 15 butir! Setahu saya Opera itu bukan pake the real cake, tapi berupa Gioconde Biscuit dari almond bubuk. Dan setelah compare sama resep Opera Cake yang ada di LN, akhirnya saya pilih resep dari Joy of Cooking yang cuma pake 4 telur. Dan ternyata hasilnya masih teuteup nge-cake. Beda banget sama Opera Cake dari La Pattiserrie. Tapi soal rasa sih bisa diadu. Kalo soal penampilan, kabuuuuuur!


Oya, Cake ini saya buat dalam rangka Wedding Anniversarry yang ke-4. Maksain banget. Padahal kondisi badan lagi drop, batuk pilek berat. Tapi demi Suami tercinta yang udah kasih kado special... Hajarbleh! I love u, Pop!

OPERA CAKE
(Modified from Joy Of Cooking)

Bahan Gioconde Biscuit :
4 butir kuning telur (saya pake 5 butir telur yang kecil-kecil)
125 gr almond bubuk
125 gr gula pasir halus (saya pake gula pasir yang diblender)
1 sdt vanilli bubuk
30 gr terigu (saya pake 40 gram)
25 gr mentega dicairkan
4 putih telur, kocok kaku dengan 20 gr gula halus

Cara Membuat :
- Kocok kuning telur, gula halus, dan vanilli bubuk sampai putih
- Tambahkan terigu dan almond bubuk, aduk rata
- Campur dengan kocokan putih telur, aduk
- Tambahkan mentega cair, aduk rata.
- Tuang ke dalam 2 loyang tipis (saya 20x20 cm). Panggang 10 menit dengan api besar.
- Keluarkan dan dinginkan

Ganache :
200 gr DCC cincang
100 gr whipped cream
75 gr mentega (saya nggak pake)

Cara Membuat :
- Tim DCC dan whipped cream, aduk rata.
- Dinginkan di lemari es

Coffee Buttercream (versi saya) :
2 sdt kopi instant larutkan dalam 1 sdm air panas
150 gr Hollman Soft Cream (bisa pakai mentega putih / snow white)
10 sdm symple syrup kental

Cara Membuat :
- Kocok semua bahan sampai mengembang dan fluffy

Olesan :
1 sdt Nescafe instant
100 ml air panas
3 sdm gula pasir

Cara Membuat :
- Aduk semuanya sampai larut

Glazing :
80 gr DCC, cincang
80 gr krim kental

Cara Membuat :
- Tim keduanya sampai lembut


Penyelesaian :
- Belah masing-masing Gioconde menjadi 2 (saya buat menjadi 4 potong Gioconde)
- Basahi semua permukaan Gioconde dengan bahan Olesan
- Olesi satu bagian Gioconde dengan Coffee Buttercream
- Tumpuk dengan Gioconde
- Olesi Ganache
- Begitu terus bergantian sampai semua Gioconde habis
- Siram dengan bahan glazing
- Masukkan ke dalam lemari es
- Potong dan rapikan pinggirnya
- Hias sesuai selera

No comments: