Friday, October 24, 2008

Double Decker Brownies [turn to COOKIES]




Resep dari salah satu edisi Majalah Santap yang memuat kreasi Mirasari Halim, pioneer salah satu Brownies Shop di Jakarta. Kalo nggak salah namanya Its Brownies Time, The Cookie Lady Specialties. Belum pernah nyoba sih. Tapi dari foto-fotonya tampak profesional dan menggoda iman. Hehehehe..

DOUBLE DECKER BROWNIES
Resep by : Mirasari Halim

Lapisan Coklat :
2 butir telur
200 gr gula pasir [saya kurangi jadi 175 gr]
100 gr terigu protein sedang
90 gr walnut / kacang mede cincang [saya pake kacang mede]
1/4 sdt garam
100 gr unsalted butter [saya pake 50 gr butter dan 50 gr margarin]
30 gr coklat bubuk [saya pake yang dark]

Cara Membuat :
- Kocok mentega, coklat bubuk, dan gula pasir sampai lembut
- Masukkan telur, kocok rata
- Masukkan terigu yang sudah diayak bersama garam, dan cincangan kacang mede. Aduk menggunakan spatula
- Tuang dalam loyang 22x22x4 yang sudah dialas kertas roti dan diolesi margarin
- Sisihkan


Lapisan Butterscotch :

200 gr gula palem [saya pake 180 gr saja]
100 gr unsalted butter [saya pake 50 gr mentega dan 50 gr margarin]
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
200 gr terigu protein sedang
1/2 sdt garam
90 gr kacang mede cincang

Cara Membuat :
- Kocok mentega dan gula palem sampai lembut
- Tambahkan telur dan vanilla, kocok rata
- Masukkan terigu, garam, dan kacang mede cincang. Aduk rata
- Tuang ke atas lapisan coklat
- Panggang 55 menit dengan suhu 180'C [saya hanya 40 menit]
- Keluarkan, dinginkan

Frosting
250 gr gula halus [saya cuma 150 gr]
90 gr gula palem
50 gr mentega
3 sdm susu cair
50 gr DCC, lelehkan

Cara Membuat :
- Masak gula palem, mentega, dan susu cair sampai mendidih selama 2 menit
- Angkat, masukkan gula halus, aduk sampai rata dan lembut
- Siram ke atas permukaan brownies, ratakan
- coret-coret dengan DCC leleh
- Bekukan

Walaupun udah dikurangi gula, tapi Oh my.. Brownies ini meni GIUNG. Giung tuh kemanisan dalam bahasa Sunda. Gak kuat deh makan sepotong juga. Akhirnya daripada gak kemakan, brownies yang udah dimasukkin ke kulkas saya iris-iris, dan dipanggang lagi jadi COOKIES seperti ini :



I tell you what, it taste BETTER!! Just Love it. Lapisan frostingnya jadi sensasi tersendiri yang bikin rasa cookiesnya tambah legit. Yummmy...

No comments: