Thursday, February 5, 2009

Nasi Tim Daging


O'ouw.. Ada yang nagih resep. Wadoh muaap ya Mpok Lulu. Tau sendiri diriku sedang berkabung atas wafatnya Akang Hape. Ihik ihik..

Baidewey eniwei weiwei, ini Nasi Tim versi pribados ya bo. Jaminannya sih selalu habis dimakan sama anak dan suami. Tapi anak dan suami eike. Kalo anak dan suami orang sih nggak berani jamin. Hohohohoho... Tidak bertanggung jainab..

Koosha, sing doyan nya ka Nasi Tim ala Ateu. Mun teu doyan, nya wayahna kasihin sama Mama aja suruh abisin gitu.

NASI TIM DAGING

Bahan :
2 cangkir beras pulen
1 sdm beras ketan --> Optional. Hanya sebagai perekat dan pelunak nasi
Air kaldu secukupnya untuk mengaron beras
1/4 sdt garam
  • Cuci bersih beras dan beras ketan
  • Masak bersama air kaldu dan garam sampai menjadi nasi aron yang agak lembek. Sisihkan
Sisakan sedikit air kaldu untuk mengukus nasi tim

Topping :
1 buah telur, rebus hingga matang, belah dua
150 gr daging sapi cincang
1/2 sdt bubuk bawang putih --> bisa diganti dengan 1 siung bawang putih cincang
1 sdm saus tiram/saus teriyaki
1 sdm kecap manis
1/2 sdm minyak wijen
Air secukupnya
Garam dan merica secukupnya
Margarin atau minyak goreng untuk menumis
  • Tumis daging cincang hingga berubah warna.
  • Beri bumbu-bumbu, aduk sebentar
  • Tambahkan air, masak dengan api kecil hingga sedikit mengering (jangan terlalu kering)
Penyelesaian :
  • Siapkan 2 buah mangkuk ukuran sedang yang tahan panas, olesi dengan sedikit saja margarin atau minyak.
  • Taruh telur rebus didasar mangkuk, beri tumisan daging disekelilingnya, ratakan
  • Taruh nasi aron diatasnya, tekan-tekan sampai padat
  • Siram dengan air kaldu sampai menggenang. Kira-kira 5-8 sdm deh.
  • Kukus selama 45 menit atau sampai matang.
  • Sajikan bersama kuah kaldu.

Notes :

  • Dua nasi tim terakhir di Dapur Ipoek, air kaldu diganti dengan SANTAN. Hasilnya, jadi NASI TIM UDUK yang GURIH. Cobain deh bow.. Moahahahahahah..
  • Tumisan daging bisa ditambah dengan jamur atau wortel atau sayuran lain.

5 comments:

Elsye said...

asikkk bagus juga nih pake telorrr....idenya okeh pisan mir :D

Nazla said...

tengkyuuuuuuuuu, apalagi ada saran pake santan karena gw belum pernah nyetok kaldu buat koosha :(

Mbak Maya said...

It's a yummy blog. Salam kenal mbak.

Mbak Maya said...

It's a yummy blog. Salam kenal mbak.

Manyaro said...

Mir, punya blogspot juga....saya link yach! Roossy