Wednesday, June 17, 2009

Teri Tawar Goreng Tepung dan Pecel Selada Air

Kalo mentok ide buat menu makan sehari-hari, yang dibawah ini bisa dicoba. Murrraaah meriaaaah... Belanja cuma 7 rebu rupiah di Tukang Sayur udah bisa bikin menu ini untuk 2 kali makan.

Teri Tawar Basah yang saya pake adalah Ikan Teri Jengki yang ukurannya sebesar jari kelingking. Di tukang sayur dijualnya murah kok. 6 ribu rupiah untuk setengah kilo. Ikannya dicuci bersih, lalu lumuri air jeruk nipis biar gak terlalu amis, lalu beri bumbu kunyit bubuk, bawang putih bubuk, lada bubuk, dan garam. Diamkan sebentar di kulkas. Lalu siapin tepung kanji/tapioka yang dicampur sedikit garam dan merica, gulingkan ikan teri kedalam tepung sesaat sebelum digoreng. Goreng sampai garing.



Ikan Teri Tawar ini enak banget buat dicemil. Rifa aja doyan..! Sampai takjub ngeliatnya. Saya tadinya takut masih ada duri atau tulang yang bisa bikin dia keselek. Eh taunya enggak tuh.. Ikan ini bisa dimakan utuh sebadan-badan. Bagus kan jadi asupan kalsium dari tulang ikan bisa nambah nilai gizi.

Yang kedua yang juga murah meriah adalah Pecel Selada Air. Selada ini juga murah bangeeet.. Beli seribu rupiah aja udah dapet seabreg. Bisa buat 2 kali masak deh.. Bumbunya pake bumbu pecel instant. Kalo saya caranya panasin air setengah gelas diatas wajan, masukkin bumbu pecel, lalu aduk sampai larut, masukkin Selada Air, aduk bentar sampai layu. Terus angkat deh.. Pake potongan tomat diatasnya.. hmm.. tambah manteeeb.



Makan yok makaaaaaan....

4 comments:

Ike Hermawan said...

Meni kabita, yg murah di situ, mahal disini...*glek...glek...ngiler...kumaha atuh...?
btw geulis euy bebenah dapoeripoek...:)

Mira Assjarif said...

ikan teri kecil begini mahal juga ya Teh? Perth kan deket sama laut. Apa disitu mah ikan kecil gak ditangkepin ya? sotooy deh..

Iya nih lag bosen.. Pengen ganti item aja biar sama kayak Pawon Ike. :)

Rachmah Setyawati said...

selada airnya dicampur bumbu pecel, boleh juga tuh idenya'
biasanya cuman ditumis doang di rumah.
makasih Teh Mira...

Mira Assjarif said...

Iya Ning ini resep kepunyaan Tante-ku. Waktu ke rumah belio disuguhin Pecel Selada Air ini. Itu pertama kalinya aku makan Selada Air dan langsung sukaaa.. Buat lalapan juga suka banget. :)