Thursday, November 6, 2008

Chocolate Cotton Cake [I dit it!!]



Masih dari seputaran para wanita member KBB, walaupun gue belum diapprove jadi member (waiting listnye puanjaaaaang niaaan), tapi beberapa temen Multiply adalah member KBB. Dan dari merekalah gue tahu resep Cake nan lembut ini.

Kenapa disebut Cotton Cake?? Karena memang teksturnya yang luar biasa lembut. Cara membuatnya sebenarnya simple. Tapi seperti Mpok Dita said, it's tricky. Terutama dalam hal pengocokan putih telur yang gak boleh overmix.

Alhamdulilah gue sukses pada percobaan pertama. Resepnya gue copy dari Mae. Cuma paka 1/4 resep tapi udah banyak kok hasilnya. Dapurnya Mae yang ciamik bisa dilihat disini.


CHOCOLATE COTTON CAKE
(1/4 resep)

Bahan :
45 gr margarin
40 gr terigu
10 gr cocoa powder
4 kuning telur
73 gr susu segar
90 gr gula pasir
4 putih telur
2 gr cream of tar tar

Cara Membuat :
- Panaskan oven suhu 130'C untuk api bawah, dan 170'C untuk api atas. (Gue cuma punya otang, jadi panaskan dengan api kecil aje.. Hidup otang!)
- Didihkan margarin, matikan api
- Masukkan terigu dan cocoa powder. Aduk rata

- Hangatkan susu. Tuangkan kedalam kuning telur (yang udah dikocok lepas). Aduk rata.
- Masukkan ke dalam adonan margarin dan tepung. Aduk perlahan hingga rata.

- Kocok gula, putih telur, dan cream of tar tar sampai mengembang dan soft peak (adonan membentuk sudut tumpul saat diangkat dengan spatula)
- Campurkan ke dalam adonan pertama dengan tehnik dipancing. Caranya ambil sesedok adonan putih telur, campur ke dalam adonan pertama. Baru masukkan semuanya sedikit demi sedikit.

- Tuang ke dalam loyang 18x18 cm yang hanya dialasi kertas roti..
- Panggang 15 menit pertama di rak atas, dan 10 menit selanjutnya di rak bawah.
- Angkat. Balikkan dari loyang. Dinginkan
- Hias dengan frosting


Ini cake ketika baru diangkat dari oven. Masih mengembang.



Dan ini sesudah didiamkan 10 menit. Kempis sampai batas loyang. Gue gak berani keluarin langsung dari loyang. Takut ancur.



Lalu diolesi frosting (100 gr DCC lelehkan dengan 1 sdm butter)



Dan hasilnya seperti ini. Pori-porinya nggak besar dan hasilnya lembut membelai lidah.. Ciah...

Oya. Resep aslinya cake ini 2 layer. Tengahnya dioles ganache. Kalo mau 2 layer buat 2x resep diatas dan tuang dalam 2 loyang 18x18 cm.

2 comments:

mitri said...

iya'..sedikit tambahan,mungkin lupa.yang bahannya mungkin ga dicantumin pake susu cair yah?karena di pembuatannya kok ada "hangatkan susu"?
tapi dibahannya ga ada susu cairnya..

Mira Mamanya Rifa said...

Mitriiii... waduh gue baru balas ampir setaun kemudian ya bo. Thank you say gue emang kelupaan nyantumin susu cair. Maapkaaan.. :D