Tuesday, November 25, 2008

Pindang Telur dan Kering Tempe


Dulu waktu kecil, tiap dapet nasi besek dari tetangga yang hajatan, pasti yang dicari didalem dus adalah telur ini. Sukaa deh. Apalagi kalau lawan makannya adalah Nasi Uduk. Widiiww.. Keluar deh rakusnya.

Jujur baru sekali ini bikin Pindang Telur. Yang saya tahu dari Mama saya, pindang telur ini ngerebusnya pake kulit bawang merah. Tapi pas ngupas kulitnya, nampak ragu-ragu.. Beneran gitu pake kulit bawang merah. Akhirnya googling dulu cari resepnya. Sempet kaget juga ternyata kebanyakan resep memakai DAUN JAMBU BATU. Haduuh dimana nyarinyaa.. Padahal di rumah Mama saya ada tuh pohonnya, tapi nampak hoream keluar rumah. Sampai akhirnya masuk ke situs Alm Bunda Inong, disitu lebih heboh lagi bahannya pake DAUN JATI. Tapi ada substitusinya, boleh diganti dengan TEH CELUP. Wah.. Unik juga. Bikin yuu..

PINDANG TELUR

dari berbagai sumber

5 butir telur, cuci bersih
11/2 liter air --> bisa lebih
Segenggam kulit bawang merah yang udah dicuci bersih
5 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 sdt daun teh tubruk --> bisa pakai teh celup
1 batang serai, memarkan
1 ruas jari lengkuas, memarkan
1 sdm garam
1 sdt gula pasir

Cara Membuat :
- Rebus telur yang sudah dicuci bersama semua bumbu
- Setelah telur matang, angkat, lalu ketok-ketok kulitnya sampai retak-retak
- Rebus kembali sampai air menyusut (kurleb 1 jam)


**************
KERING TEMPE ala Mae

Ada Mae, dan ada Mba Rachmah. Duo wanita asal Suroboyo yang jago baking dan jago masak. Kemarin keduanya posting resep-resep yang uenaak buat jadi temen nasi. Ada Serundeng Daging Sapi, dan Kering Tempe.

Yang duluan dipraktekin punya Mae dulu. Bahan-bahannya ada semua. Tapi kelupaan nggak pake bawang merah goreng. Jadi isinya cuma pake tempe, kentang, dan teri nasi. Semuanya digoreng garing secara terpisah.

Rasanya alhamdulilah pas. Cuma agak ragu aja pas nakar gula merah dan gula pasir. Takut kemanisan. Versi saya pake 1/2 batok gula jawa ukuran kecil dan 1 sdt gula pasir. Tapi cabenya dibanyakin. Soalnya doyan pedes. Hihihihi...

Resep lengkapnya klik disini.

2 comments:

mae said...

suit suiiiit.... syukur deh klo cocok, soalnya agak2 beban mental klo posting resep sdr di blog, hahaha.. sukses ya Mir ! ayo dicoba serundeng dagingnya kedai Rachma !

Mira Assjarif said...

enak Mae. cocok banget dah. ternyata bumbunya simple yah.. thank you lo.

serundeng dagiiing.. aku dataaaang... ^_^