Friday, November 7, 2008

The Perfect Pancakes



Waktu kuliah dulu di Unpar Bandung, di depan kampus ada satu tempat makan yang murah meriah tapi enak. Tiap waktu makan siang tempat ini selalu diserbu para mahasiswa. Pernah suatu ketika gue males makan berat, jadi pesen aja menu Pancake. Begitu dateng pesenan, gue langsung manyun. Pancakenya tipis dan datar banget rasanya. Cuma dikasih selai strawberry sama eskrim. Kepengennya sih bilang sama yang punya warung kalo yang tipis beginian mah namanya CREPES bukan PANCAKES. Huuuu....

Sebenarnya udah lama juga gue nyari resep pancakes yang wokeh. Yang tebel, tapi nggak mental. Yang padet, tapi nggak keras. Dan sejak bulan Juli lalu resep Pancakes edisi Majalah Santap inilah yang jadi akhir pencarian gue. Resep ini konon sempet heboh di millis NCC. Gatau juga yah.. Secara bukan member.

Jadi, apa pancake ini udah bisa dibilang PERFECT? Buat gue sih YOI banget. Apalagi waktu gue nyoba ganti buttermilk dengan whipped cream. Widiiiw... Rasanya tambah mantap. Udah pernah juga nyobain pake yoghurt, tapi rasanya lebih oke kalo pake whipped cream.

PANCAKES
Recipe by Majalah Santap

250 ml buttermilk (campur 250 ml susu UHT segar dengan 1 sdt vinegar atau air jeruk lemon. Aduk, biarkan 10 menit sampai menggumpal)
165 gr terigu
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdt baking powder
2 sdm butter cairkan
1 butir telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Dalam wadah, campur terigu, baking powder, garam, dan gula
- Buat lubang di tengah-tengah. Tuangkan buttermilk. Aduk dengan whisk
- Tambahkan telur kocok, aduk sampai rata dan tidak menggumpal
- Beri butter cair, aduk
- Lebih oke kalo adonan ini didiamkan dulu sekitar 15 menit
- Panaskan wajan anti lengket, beri sedikit saja margarin, biarkan sampai wajan benar-benar panas, baru tuangkan 1 sendok sayur adonan
- Kecilkan api sampai sedang. Biarkan sampai adonan berlubang-lubang

- Setelah cukup matang, balikkan pancake. Masak sebentar sampai matang merata.

Angkat, olesi butter. Sajikan dengan mapple syrup, caramel syrup, cokelat, susu kental manis, or anything you like.

2 comments:

Dila said...

Terima kasih atas resepnya. Saya akan coba praktekkan untuk snack keluarga di rumah.

Anonymous said...

Udah nyobain resep ini,sis..enak n lembut..ijin nyontek lhooo...terima kasih