Wednesday, January 28, 2009

[breakfast idea] SHEPHERD's PIE

Saya ingat ada satu teman saya yang ahli pengobatan, dia selalu menyarankan saya untuk mengganti nasi dengan kentang. Katanya biar pencernaan saya ngga terlalu berat mencerna glukosa dalam nasi.

Dan Shepherd's Pie ini adalah solusi untuk mengolah kentang menjadi sajian yang lezat. Pembuatannya mudah dan thanks God, Rifa juga suka.

Udah lama banget resep ini ngendon di Buku Primarasa - Seri Masak Femina. Tapi baru saya praktekin kemarin.

Photobucket

Menurut keterangan, dinamakan Shepherd's Pie atau Pie Penggembala karena dulunya Pie ini memang makanan favorit para penggembala. Dibuat dari kentang (mashed potatoes) yang dipadukan dengan daging cincang.

Di buku Primarasa, daging cincang ditambahkan cincangan wortel, jamur dan buncis untuk memperkaya rasa dan gizi. Tapi saya hanya menambahkan wortel serut dan parutan keju.

Ternyata Pie ini bisa jadi ide yang oke untuk sajian breakfast. Kita bisa buat malam hari, tutup dengan plastic wrap, simpan di kulkas, lalu besoknya tinggal dipanaskan di oven/microwave.

SHEPHERD's PIE


Ingredients :
500 gr kentang, kukus/rebus sampai empuk
25 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
50 gr keju parut --> additional by me

Filling :
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
100 gr wortel, potong kotak --> saya serut biar bisa tetep kemakan sama Rifa
50 gr buncis, potong kotak --> saya skip
100 gr jamur kalengan --> saya skip
125 gr daging sapi cincang
3 sdm saus tomat/pasta tomat
1 sdm margarin
50 ml air kaldu --> pakai air putih biasa
Garam, merica, dan gula pasir untuk perasa
1 sdt oregano --> additional by me

Olesan :
1 butir telur kocok
1 sdm margarin dilelehkan
50 gr keju parut --> additional

Directions:
  • Panas-panas, haluskan kentang dan campur bersama susu cair, garam, merica, dan keju parut sampai rata.
  • Panaskan oven suhu 180'C. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin

Filling :
  • Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna.
  • Masukkan wortel, bumbu-bumbu, dan tuangi kaldu
  • Masak sampai hampir mengering dan matang

Notes : saya tambahkan 1/2 bagian telur kocok ke dalam filling setelah filling dingin. Tujuannya agar mempermudah pengirisan pie ketika matang.

Penyelesaian :
  • Tata filling didasar pinggan, lalu ratakan.
  • Taruh kentang kukus diatasnya, tekan-tekan dan ratakan. Olesi permukaannya dengan margarin cair dan telur kocok.
  • Taburi keju parut
  • Panggang selama 40 menit sampai kecokelatan.

Photobucket

2 comments:

Ike Hermawan said...

Bener Mir...apalagi disini kentang lebih murah daripada beras...he he...jadilah pemakan kentang, kentangnya juga beraneka jenis, lucu2...he he...

Mira G. Lestari said...

Enak bangeet. Emang kalo pake kentang lokal rasanya gak begitu gurih. Enaknya kentang tes nu baradag. Ngan eta rada awis.. :)