Wednesday, March 25, 2009

Bika Ambon Pandan

Keliatan gak seratnya? Keliatan gak? Keliatan gak??


Uuuurrrgh kamera dudul! Padahal udah berhasil bikin bika ambon dengan serat yang aduhai, tapi malah gak bisa kefoto dengan jelas gara-gara makronya payah.. brrrwwwh...

Pandan lagi???

Abis gak punya daun jeruk, akhirnya bikin Bika Ambon pake pasta pandan. Ini pertama kalinya lo bikin Bika Ambon. Cetakannya pake cetakan muffin. Lumayan berhasil. Tinggal manggangnya aja harus lebih bener.. Maklum pake otang kagak bisa pake api atas. Pede aje lagi... Hidup otang!

Resep Bika Ambon punyanya NCC. Bikin 1/4 resep, dan air kelapa diganti air biasa.

BIKA AMBON PANDAN

Biang :
25 gr terigu
6 gr ragi instant
50 ml air kelapa --> pake air biasa
  • Campur semua bahan, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.

Bahan :
75 gr tepung sagu tani --> saya pake 100 gr lo.. tapi berhasil tuh..
150 ml santan kental
100 gr gula pasir
4 butir kuning telur
1 sdt pasta pandan
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli

  • Campur kuning telur, gula, garam dan vanilli. Aduk sebentar menggunakan whisk sampai gula agak larut.
  • Masukkan adonan biang, aduk rata.
  • Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  • Masukkan pasta pandan dan santan. Aduk rata. Kalau masih bergerinjil, saring.
  • Diamkan adonan selama 2 jam.
  • Panaskan oven suhu 180'C.
  • Olesi cetakan dengan minyak goreng. Tuangkan adonan kedalamnya.
  • Panggang dalam oven selama 30 menit dengan pintu oven sedikit dibuka.
  • Dinginkan, keluarkan dari cetakan.

3 comments:

Ike Hermawan said...

wahhh sippp..sippp....aroma pandanyah tercium sampe kesinih...sukaaa banget, tfs nya...
btw mungkin bisa di crop Mir, yaaah emang kamera kita tipenya samma...wakakakakkak...nu penting mah senanggg...:D

Mira Assjarif said...

Ini mah bukan pake Kodak Teh.. Tapi pake Kamera dudul tea.. Wahahahahaha..

MASITOH SITI said...

selamat sore mbak,maaf mbak,saya mau minta resep bikang ambonnya ya? ingin coba ,terima kasih dan salam kenal,dari sisi