Wednesday, April 8, 2009

CIRENG isi KEJU

Lagi ngetrend nih di Bandung. Cireng atau aCI digoRENG yang diisi sama makanan khas Kompeni. Keju lah.. Sosis lah.. Kornet lah.. Ck ck ck..

Kemaren nyobain beli yang isi keju di salah satu counter penjual Cireng modern ini. Enak sih cirengnya, tapi sebel banget kejunya cuma seuprit. Mendingan coba bikin sendiri deh. Kejunya isiin yang buanyaaaak biar puaaassss.....

Resep Cireng ini sama aja kayak bikin Cilok. Biar teksturnya tetep empuk walo udah dingin, perbandingan terigu dan tepung kanji-nya sebaiknya 1:1. Kali ini saya pake tepung sagu tani. Hasilnya emang lebih empuk dan wangi dibanding tepung kanji biasa. Gak bisa berenti deh makan beginian.. :D



CIRENG isi KEJU

Bahan kulit :
150 g tepung terigu
150 gr tepung sagu tani
3/4 sdt garam
Merica secukupnya
3/4 sdt garlic powder
1/2 sdt gula pasir
Air mendidih secukupnya untuk menguleni

Isian :
Keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat :
  • Campur tepung terigu dan tepung kanji. Ayak hingga rata.
  • Masukkan garam, merica, gula pasir, dan garlic powder
  • Tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan sendok kayu sampai cukup kalis untuk dibentuk. Jangan terlalu lembek yah.
  • Ambil sejumput adonan, bulatkan lalu pipihkan.
  • Isi dengan keju parut, lalu tutup seperti membentuk pastel.
  • Goreng dalam minyak menggunakan api sedang sampai matang.

19 comments:

Ike Hermawan said...

Aduhh eta cireng teu sopan...hehehe...hayang nyomot..
cnh aya combro isi keju oge??
eh mun kejunya teu diparut, teu nanaon kan...?komo mun mozarela mah nya, tp kudu panas2 makanna...

Mira Assjarif said...

Uuuh kalo pake mozarella dijamin wenaaaaggg... Pake resep yang ini mah gak keras kok Teh. Udah diuji coba. :)

Teh Chocolate Scone udah dicobain. Enak pisan. Tapi fotonya butuuut... ihiks.. Besok mau bikin lagi. :D

Lydia said...

Mba Mira kayaknya enak banget ni cirengnyah. Aku contek resepnya yah Mba. Trims...

Elsye said...

ikutan nyonteeeekkk...qiqiqi endang keliatannya Mir :D

Mira Assjarif said...

Lydia : Monggoo.. Thanks udah mampir yah.

Teh Elsye : uendang Teeeh.. Mpe mual euy kebanyakan makan cireng keju. Wahahahaha...

Rachmah Setyawati said...

waduuuhh, ngilerrr deh'....beneran Mir !!

Mira Assjarif said...

Hiyahahahahah... Percaya deh kalo yang ini mah bikin ngiler Mba Rachmah. Madame of KEJUUUUUUUU... Woooohoooooo! Bikin Mbaaak.

Adelia said...

Mbak, tnya donk..
biasa beli sagu tani dmn?
kalau d bdg? kalau d jkt?
Thanks..

Mira Assjarif said...

sagu tani banyak kok di swalayan besar. Kalo gak ada di TBK (Toko Bahan Kue). Kalo di Jakarta di Titan Kelapa Gading, Toko Ani. Kalo di Bandung Kijang Mas di Hariang Banga.

Pipit said...

Salam kenal mbak Mira :)
Alhamdulillah akhirnya nemu resep cireng, kebetulan punya stok sagu tani :). Saya contek resepnya ya. Ijin nge-link blognya mbak

Anggi said...

gleeek..malem2 main ke blognya mommy rifa liat cireng pula...lapaaaarrr...btw klo garlic powder bli dimana mir?

mahakarsa daen said...

mba maaf, aku lg hunting resep cireng nih....itu ukuran terigu sm sagu taninya sama yach 1:1......?

ei said...

mira... dicobain yaa resep cirengnya ;)

mizanbukumania.net said...

Salam kenal teh..., dicontek ya resepnya...nuhun.

Evy

Anonymous said...

Hi visit my blog ya :

www.sinarwawasan.blogspot.com

www.lensario.co.nr

www.foldpapercraft.blogspot.com

Permisi mbak saya mau bertkar link, Bloehkah, diizinkan atau tidak?

sari said...

Hallo mamanya Rifa, salam kenal
dah lamaaaa banget kangen ma nih cemilan, eh nemu deh resepnya....makasih ya
dah coba sih, tapi waktu ngegoreng kok kejunya pada keluar2 ya (mbledrek bhs jawanya)kira2 kenapa ya mbak? thx a lot

maksum said...

makasih atas infonya . akan saya coba .

Lina hidayat said...

Numpang nyontek yak Neeeeng....ngabibita ieu mah....

Obat Keputihan Alami Berkualitas said...

resep pembuatan cireng yang cukup inovatif. thanks