Sunday, January 18, 2009

(make yourself) STRAWBERRY JAM

Maaaakk.....!

Kenapa gak dari dulu kepikiran bikin Selai Strawberry sendiri! Padahal yang namanya buah strawberry di Bandung sangat berlimpah. Dari mulai Strawberry Grade C yang kecil-kecil dan acem, sampe Strawberry Grade A+ yang harganya selangit ada semua.


Rifa memetik strawberry di Strawberry Farm - Lembang

Very very recommended to try. Karena bikinnya sangat gampang. Gak pake pengawet, gak pake additive, gak pake gelatine, gak pake pewarna, hanya strawberry dan gula. 

Sebagai gambaran, saya beli strawberry segar dari penjual yang biasa lewat di depan rumah. 1 kotak isi 500 gr dibanderol 11 ribu rupiah saja. Dan sudah bisa menghasilkan 2 toples penuh selai strawberry. Lumayan kan dari pada beli selai buatan pabrik yang berpengawet. Dan rasanya cihuuuuy! Untuk sementara kayaknya mau dadah dulu sama Mo*in, Mari*za, dkk nih.

Selai ini memang hasil akhirnya lebih runny (cair) dibanding Selai buatan pabrik. Tapi itu justru malah mempermudah proses pengolesan ke permukaan roti.

Setelah jadi, selai ini langsung habis 1/2 toples dalam sekejap! Surprise... Rifa pun ikut makan! Padahal biasanya dia gak doyan roti pake selai tobeli. Uuuh.... Untuk sesaat yang ada di kepala cuma happy and proud bisa menyenangkan dan mengenyangkan suami & anak dengan selai buatan sendiri. :D

Sumber resep dari berbagai sumber dan buku, salah satunya dari blog Lia - Dapurgue


STRAWBERRY JAM

Photobucket

Bahan :

500 gr strawberry segar, cincang kasar --> kalo males diblender aja..
350 - 400 gr gula pasir --> sesuai selera dan sesuai dengan tingkat keasaman & kematangan strawberry
80 ml air matang

Persiapan pertama :
  • Cuci bersih toples selai yang terbuat dari kaca dengan tutup berbahan metal (bukan plastik).
  • Sterilkan toples dan tutup dengan cara direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit
  • Tiriskan toples dengan cara dibalik agar air bekas rebusan mengalir keluar dari dalam toples

Cara Membuat Selai :
  • Campur strawberry cincang dengan air dan gula pasir. Lalu panaskan di atas api sedang sambil diaduk sesekali saja sampai gula cair
  • Setelah gula cair, kecilkan api, lalu masak terus sampai air menyusut dan strawberry menjadi halus, dan mulai mengental. --> kalau ingin lebih kental, masak lagi sampai air lebih menyusut, tapi jangan lupa terus diaduk untuk menghindari gosong
  • Angkat dari api. --> pada tahap ini, kalau strawberry masih dirasa terlalu kasar, boleh diblender sampai menjadi lembut.
  • Masukkan kedalam toples selai yang telah disterilkan, lau tutup rapat-rapat
  • Masukkan toples ke dalam panci kukusan, lalu kukus selama 30 menit
  • Angkat, dinginkan.
  • Simpan di kulkas agar lebih tahan lama.
Gampang ya bow...

Kalau menginginkan konsistensi selai yang lebih padat dan kental, bisa menambahkan bubuk gelatine atau jelly ketika tahap perebusan selai. Tapi next gue mau nyoba menambahkan bubuk agar-agar agar lebih sehat dan terjamin halal.

We'll see
seperti apa hasil akhirnya. Huahahahahahaha.... *ketawanya Pahlawan Bertopeng

14 comments:

Ike Hermawan said...

Wah menarik...Gulanya habis berapa neeeh...?Gampang nya...bener ya..gelatine ada yg ga halal, apalagi disini hrs teliti sebelum beli...
itu hasil selai kenapa dikukus lagi, biar apa cnh?

Mira Assjarif said...

Mira cuma pake 350 gr. Hasilnya memang masih ada asem-asem stroberi. Tapi enak malah bikin seggeeerrr...

Biasanya kalo kita bikin makanan kalengan, proses tahap akhirnya selalu dikukus atau direbus lagi untuk sterilisasi final. Jadi hasilnya lebih awet. Saurna mah kitu, Teh. :)

Nazla said...

serius segampang ini? coba aaah...

Mira Assjarif said...

aslinya booo.. gampang bangeeet.. gue aja ketagihan buat bikin lagi :)

liesadjeng said...

dicontek lagiiii
nuhun nya!

Haifzahr said...

misi.. mbak ikut copas yah resepnya. tulis source kok.. thanks :)(buat tugas biologi )

MyNameIsAlreadyTaken said...

wah wah tata boga disuruh buat selai nanas strawberry tapi kalo gak dikukus gak apa2kan ya? haha

fah said...

nyoba ahh..thx ya resepnya. btw gunanya dikukus apa ya? trus klo ga ditaro di kulkas kira2 bisa tahan brp lama?

ariesapta said...

Aku udah coba..sekedar masukan kalo strawberrynya di blender halus nggak usah ditambah air lagi lho, hasilnya agak kental dikit....thanks buat resepnya...

company profile said...

oh jadi seperti itukah ? terima kasih infonya :D

Pashion Iren said...

Alhamdulillah...

resepnya sudah aku coba...mudah banget, sehat untuk dikonsumsi anak sulungku...tq ya mba Mira..
Resepnya aku copas ya u/ blogku..aku masukin resource -nya kok...
TQ banget

twonay's said...

mba aku ijin copas ya respnya...kayaknya bikin ngiler niih,,,baydewey, apa pada saat selai dalam botol dikukus 30 menit tidak meledak??*secara gitu mba ka itu dandang panas, 30 menit pulaa*
pencerahannya mba... ;)

hezty tatawarna said...

woahh ,enak tuhh kayaknya , kapan" kalo ada strawberry coba dehh , wkwkwk

Eddy Kusnadi said...

Apa sudah dicoba pakai gelatin dan/atau agar agar? saya mau nyontek juga takarannya.. bagi bagi ya.. Ma kasih sekali.