Thursday, June 4, 2009

ONBITJKOEK PISANG

Punya Pisang Cavendish, Tadinya mau bikin Cake Pisang resepnya Jeng Rachmah Setyawati made in Suroboyo tralala trilili.. Wahahahaha ampun Mba'e... Abis foto Cake Pisangnya di Facebook asli bikin ngileeer...

Tapi eh tapi, pas buka Tabloid Saji edisi beberapa bulan kebelakang kok ada resep Onbitjkoek Pisang. Ah mumpung masih demam Onbitjkoek, langsung dicobain. Atasnya saya kasih toping keju (teuteup...) dengan tehnik upside down. Jadi kejunya ditaburin duluan didalam loyang, baru masuk adonan. Rasanya enak dan gak begitu manis. Buat lidah saya sih cocok. Yang kurang justru pisangnya. Mungkin kalo ditambahin sekitar 50-100 gr lagi bakalan lebih nendang.




Kue ini saya bikin buat tambahan suguhan dalam rangka Aqiqah keponakan saya yang lahir tanggal 27 Mei 2009 kemarin. Alhamdulilah putra mungil dari Adik perempuan saya ini keluar normal dengan berat 3.3 kg dan panjang 48 cm. Salut deh buat Adik saya yang udah tegar melahirkan normal tanpa didampingi suami yang saat itu sedang bertugas ke Vietnam.

Tapi buat saya pribadi, pengalaman mendampingi Adik di ruang bersalin menimbulkan ketakutan tersendiri. Subhanallah melahirkan itu memang perkara hidup dan mati. Keluar dari ruang bersalin yang ada badan saya gemeteran dan langsung berbisik sama Abang : "Pap ntar anak kedua langsung cesar lagi aja yah." Hiyahahahahaha... :D

Photobucket

ONBITJKOEK PISANG
Recipe by Tabloid Saji

Bahan :
4 butir telur utuh
50 gr gula palem
25 gr gula pasir --> kalau suka lebih manis bisa ditambah sampai 50 gr
1/4 sdt garam
1/2 sdt SP/TBM
120 gr tepung terigu
1/2 sdt bumbu spekoek --> saya pake rempah resep KBB yaitu kayu manis, pala, dan cengkeh
1/4 sdt baking powder
100 gr pisang ambon, lumatkan --> saya pake pisang cavendish. Lebih enak dilebihkan sampai 150 gr.
25 gr margarin dilelehkan --> pakai minyak sayur

Cara Membuat :
  • Ayak semua bahan kering sampai rata
  • Olesi loyang tulban diameter 20-22 cm dengan margarin, taburi tepung terigu
  • Kocok telur, gula palem, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang
  • Masukkan ayakan tepung, aduk perlahan sampai rata
  • Tambahkan pisang dan margarin cair, Aduk rata.
  • Tuang kedalam oven, panggang suhu 180'C sampai matang.

Notes :
Jika ingin memakai keju parut, taburkan keju parut di dasar loyang, baru masukkan adonan kue.

4 comments:

Ike Hermawan said...

suit suitttt....fotonya tambah mantap, ga bisa deh ama kelas pocket ini mah....hehe....
btw Mir, cetakan bentuk yang kyk Mira, hanya ada di Indo, khas banget, disini mah ga ada....:((
lagi musim pisang nih rupanya....

Rachmah Setyawati said...

hohooo.....sudah terbukti mantaaap ya...ayo , lekas selesaikan PR lamamu Mira...! Lapis surabaya ...

Mira Assjarif said...

Teh Ike : iiih justru itu diambil pake 2 kamera, hasil yang Kodak lebih bagus.. Beneran deh.. :D Btw iya yah itu loyang jadul banget. Mira aja pake punya Mama. Loyang jaman dulu mah kuat bahannya gak mudah penyok... :)

Mba Rachmah : wadoooooooooooh masih ditagih... gue ngumpet kemana yak? Telornya itu lo Maaak gak kukuuuuu... hihihihihi..

Rurie said...

Neng Mira, aku dah buat n posting ^^ tapi aku baru nyadar di resep dikau step terakhir
- tuangkan di oven...
Hihihihi.....piss piss....