Saturday, March 28, 2009

Gula Kacang


Almarhumah Nenek saya dulu suka sekali bikin kacang ini. Rasanya selalu enak. Ada aroma daun jeruk di sela-sela manisnya gula dan gurihnya kacang. Selain gula kacang, beliau juga sangat ahli membuat Gulai Kambing. Bahkan sempat membuka Rumah Makan Gulai di daerah Bandung Utara.

Tapi yang saya ingat saya gak suka sama aroma dan rasa gulai kambing. Dulu sering kabur kalo giliran disuapin makan pake gulai. Tapi kalo disodorin Gula Kacang buatan Almarhumah, gak pernah nolak. Walaupun kadang yang dimakan cuma kacangnya aja. :) Al Fatihah untuk beliau..

Sayangnya saya nggak nemu resep yang kheuseus untuk bikin Gula Kacang ini. Yang saya temukan justru resepnya Kacang Besto dan Enting Kacang. Atau memang Gula Kacang ini sama aja dengan Kacang Besto ya? Ada yang punya jawabannya?

Akhirnya saya coba berimprovisasi pake resep Kacang Besto-nya NCC. Tapi kacangnya saya drop membulat diatas kertas roti. Sayangnya hasilnya terlalu keras. Mungkin karena saya terlalu lama membuat karamelnya. Atau mungkin komposisinya terlalu banyak gula pasir. Gak ngerti juga..

Resep yang saya pake sekitar 500 gr kacang kupas disangrai atau dioven. Lalu buat karamel dari 60 gr gula merah dan 40 gr gula pasir ditambah 30 ml air. Beri sedikit garam dan potongan daun jeruk purut. Setelah gula kental dan berserabut, masukkan kacang, lalu aduk cepat sampai kacang terbalut gula. Matikan api dan langsung cetak kacang diatas kertas roti. Cepat-cepat yah soalnya gampang mengeras. Dan biarkan hingga set.

Walaupun rasanya agak keras kayak permen, tapi enak kok. Tapi masih jauh dari rasa Gula Kacang buatan Almarhumah Nenek-ku tersayang. Duh jadi kangen sama beliau..



Ada yang punya Resep Gula Kacang kayak foto diatas? Mau dooooong............

5 comments:

Ike Hermawan said...

Mir, geulis Mir...gula kacang na, foto na enya cakeeepp....hu huuuyyyy dah...
btw enya jadi emut ka nini...T_T..sok ngadamel ieu ari ka ciwidey teh, mun sy bilang na "kalua kacang, aya nu tina kacang, aya nu tina serut kalapa, dua2 na enak, jadi kangen yeuh..hayang ceurik...:)

bbrpa bulan yg lalu sy juga nyoba tapi pake wijen, ngikut si akang Jamie aya resep na, pake brown sugar aja plus gula caster, tp hasilna kurang kokoh...tetep enak sih...meski ga seenak kalua kacang/kalua kalapa bikinan nini...
hmmm...kpn2 bikin ah nu ieu...

Elsye said...

pernah bikin oge ueyyy emang endang, ya Mir..resepna kapan2 di contek yaa...ngilerrr

Mira Assjarif said...

Teh Ike : oh iya kalua kacang nya.. asa pernah denger. Kalo di Ciwidey mah apa tuh manisan kulit jeruk teh? Sama manisan pala yang banyak mah. Duh jadi pengen ke Ciwidey..

Teh Elsye : sok mangga Teh. Tapi kayaknya gula pasirnya dikurangin kali yah biar gak berasa makan permen teuing. Jadi kayak tingting.. :D

Jual Gula Merah Gula Jawa said...

jadi pingin juga resepnya. :D

resep masakan said...

jajanan yang paling aku suka .... gula kacang