Tuesday, June 9, 2009

Pepes Daun Melinjo

Ini makanan favorit saya kalo berkunjung ke Resto Sapu Lidi Makan di Sawah - Cihideung Lembang. Hari ini saya nyobain bikin sendiri. Tapi agak kecewa karena nggak ada ikan peda di tukang sayur. Akhirnya diganti pake teri jengki. Memang gak seenak kalo pake ikan peda. Tapi rasa pepesnya wuiiih segeeerr... Makan pake nasi doang udah top banget.



PEPES DAUN MELINJO


Bahan :

Sekitar 1 plastik (200 - 300 gr) daun melinjo/daun tangkil, siangi
1 ikat daun kemangi, siangi
1 plastik ikan teri atau ikan asin favorit, rendam air supaya tidak terlalu asin
Petai kupas secukupnya
Cabai rawit merah utuh secukupnya

Haluskan :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 buah cabe merah
1 ruas jari lengkuas
Sedikit jahe (1 cm saja)
Garam dan gula pasir secukupnya
2 sdm santan kental instant

Iri-iris :
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
3 buah cabai merah

Cara Membuat :
Urap semua bahan dalam wadah besar sampai rata. Lalu bungkus dalam daun pisang. Kukus sampai daun pisang berubah warna sekitar 40 menitan. Sajikan.

2 comments:

Ike Hermawan said...

waaah baru tau ada pepes daun melinjo, susah disini mah....:( ngan bisa menatap gambarnya....glek...kabitaaaaa

Mira Assjarif said...

susah yah? aduuh kacian.. ganti sama daun eucalyptus bisa gak yah? :D :D