Thursday, January 1, 2009

Chilli Bean and A Happy New Year

This is my version of CHILLI BEAN



Udah dua tahun bikin Chilli pake resep yang sama dan selalu berpendapat ini jauh lebih enak dari Chilli Bean punya-nya Wendy's. Ih muji diyi cendiyi, gatau mayu.. Pernah sekali waktu tergila-gila sama Chilli sampai 4 kali bikin dalam sebulan. Hehehehe..

Resepnya memang agak berbeda dari resep Chilli pada umumnya. Kalau boleh dibilang, ini Chilli yang dipadukan dengan Goulash. Kacang merah yang dipakai juga kebanyakan pake kacang merah segar, bukan kalengan. Pernah nyoba pake yang kalengan, rasanya kok jadi manis ya. Dan wangi kacangnya jadi nggak kerasa.

Buat suguhan malam tahun baru kemarin, Chilli Bean kembali hadir di meja keluarga. Kali ini disantap dengan Kentang dan Kulit Pangsit Goreng. Tadinya mau dipaduin sama Bruschetta. Tapi olalaaa... Nyari-nyari Roti Tongkat bukannya nemu malah kejebak macet tahun baru di sepanjang jalan. :(

CHILLI BEAN
Versi Dapur Ipoek

Bahan :
1/2 butir bawang bombay ukuran besar, potong kotak kecil
1 buah paprika merah, potong kotak kecil
1 buah paprika hijau, potong kotak kecil
200 gr daging sapi giling
250 gr kacang merah --> rendam air selama minimal 2 jam, lalu rebus sampai empuk, tiriskan. Atau bisa juga menggunakan kacang merah kalengan agar lebih praktis.
1 kaleng kecil tomat pasta
1 sdm oregano
750 ml air --> bisa juga lebih jika tidak suka terlalu kental
3 sdm margarin untuk menumis
Garam, gula pasir, merica, dan pala bubuk secukupnya

Photobucket

Cara Membuat :
  • Panaskan margarin dalam wajan atau panci. Tumis bawang bombay sampai harum dan layu.
  • Masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna
  • Tambahkan paprika, kacang merah, dan tomat pasta, aduk sebentar, lalu masukkan air
  • Beri bumbu : oregano, garam, gula, merica, dan bubuk pala. Lalu masak sampai kental dan meletup-letup.
  • Sajikan panas-panas

Notes :
  • Suami senengnya makan Chilli Bean ditaburi keju parut. Ih dasar jurig keju..
  • Bisa dimakan dengan roti tongkat, kentang goreng, pita bread, atau tortilla

Photobucket

4 comments:

Elsye said...

met tahun baru juugaa....:D, sekalian mau chili bean nya semangkok..hihihihi

Ike Hermawan said...

wooow...keyen...manteeep...makan chilli bean khusus orang dewasa, karna pedassss...sy biasanya pake kacang tolo...
hepi nu yerrrr...!!!toeeeeeeetttt...ga ada terompet disini mah...:D

Mira Assjarif said...

huhuuuuy.. chilli bean samangkok mah teu cekaaaap.. hepi nu year juga Teh Elsye.

yang punya mira mah gak pedes, Teh. paling pake tobasco atau saos sambel aja pas makan. :)

Bunda Tabee said...

salam kenal mba...ijin share ya...dan mau coba juga...:)