Monday, January 18, 2010

Cookies Coklat Arrawrut (Tepung Garut atau Tepung Larut)

Rifa suka sekali sama cookies arrawroot khusus toddler yang banyak dijual di Swalayan. Kalo lagi doyan ngemil, sehari bisa ngabisin 2 dus. Kemaren gak sengaja saya baca ingredientsnya dan cukup kaget juga kalo ternyata cookies untuk balita ini menggunakan bahan pengembang kue dan beberapa zat kimia lainnya.

Dari situ saya bertekad untuk meminimalkan Rifa mengkonsumsi biskuit itu. Wong kalo saya bikin cake atau cookies aja sebisa mungkin menghindari yang namanya emulsifier, baking powder, baking soda, dll. Kalo pun di resep saya cantumkan, ya memang itu sesuai dengan resep aslinya. Tapi jujur aja saya paling maleees nambahin bahan tambahan ke dalam adonan kue. Kalo pun harus digunakan, sebisa mungkin sedikiiit aja.

Sayangnya setelah browsing sana sini, saya gak nemu resep cookies arrawroot yang sesuai dengan keinginan. Doyanan Rifa kan yang coklat. Jadinya saya modif sendiri resep Butter Cookies dari Buku Kue Kering Yasa Boga kiriman Ning Rachmah. Hasilnya enak... Rifa (dan Bapaknya) doyan banget. Yang pasti lebih sehat karena tanpa tambahan bahan kimia seperti buatan pabrik.
























COOKIES COKLAT ARRAWROOT 

Bahan :
175 mentega --> Orchid unsalted
125 gula --> pakai tepung gula
2 kuning telur
1/2 sdt vanilli

Ayak :
100 gr terigu
25 gr cocoa powder
125 gr tepung arrawroot


Cara Membuat :
  • Kocok mentega, gula, kuning telur, dan vanilli sampai lembut.
  • Campur ayakan tepung ke dalam adonan mentega, aduk rata menggunakan spatula. 
  • Masukkan dalam kantong segitiga, spuitkan diatas loyang bersemir margarin.
  • Panggang api sedang (160 - 170 C) sampai matang.

Notes :
ARRAWROOT atau TEPUNG GARUT atau TEPUNG LARUT adalah tepung yang didapat dari olahan Umbi Garut. Tepung ini punya banyak manfaat terutama untuk keehatan saluran pencernaan. Warnanya putih dan teksturnya seperti tapioka. Banyak dijual di TBK.

4 comments:

Anonymous said...

Bunda,sy nyontek resepnya ya,kebetulan sy ada tepung arrowroot gasol di rmh. Makasi bund...

meinekueche said...

baru tau saya mba, kalo baking powder,emulsifier dkk ga bagus buat badan kita ya???
makasi infonya yaa

Anonymous said...

saya ijin minta resepnya mbak? boleh? kebetulan ada tepungnya tapi blm punya resepnya, trimakasih

Anonymous said...

dipanggang brp lama ya kira2?