Thursday, March 3, 2011

Banana Chocolate Chiffon Cake

Akhirnyaaw.. Nyempetin baking untuk konsumsi olangan. Setelah berbulan-bulan baking untuk order orang atau ngerjain tugas KBB. Heuheuy..

Resepnya dari buku Sedap seri Sensasi Cake Cokelat. Rekomen banget buku ini buat para baking mania yang merangkap jadi chocolate mania kayak sayah. Resep-resepnya bagus dan simple.

Untuk rasa, aroma pisangnya menurut saya sih samar-samar aja. Padahal udah pake pisang ambon yang over ripe. Rasa coklatnya juga gak begitu tajam. Tapi ini enyak dinikmati buat cemilan sore hari. Ringan dan gak berat di lidah.


Banana Chocolate Chiffon Cake


Banana Chocolate Chiffon Cake


Panaskan oven suhu 160'C. Panaskan loyang chiffon tanpa dipoles apapun berdiameter 20 cm di dalamnya.

Bahan :
20 gr coklat bubuk
60 ml air panas
  • Campur keduanya, aduk rata

100 gr pisang ambon, haluskan
35 gr minyak goreng
1/2 sdt coklat pasta --> saya skip
  • Campur pisang ambon halus dengan minyak goreng, lalu campur dengan adonan coklat bubuk. Aduk rata.

85 gr terigu protein rendah
1 sdt kayu manis bubuk --> saya 1/2 sdt
1/2 sdt baking powder
75 gr gula pasir halus
5 kuning telur
  • Ayak tepung terigu, kayu manis dan baking powder, tambahkan gula pasir halus. Tuang campuran coklat bubuk dan pisang sedikit sedikit sambil diaduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata kembali sampai jadi adonan yang halus.

5 putih telur
75 gr gula pasir halus
  • Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit-sedikit, kocok sampai mengembang. Cukup sampai mengembang soft peak jangan sampai terlalu kaku.
  • Ambil sedikit kocokan putih telur, campur ke dalam adonan terigu. Lalu lanjutkan menuang sisa adonan, aduk perlahan sampai benar-benar rata.
  • Ambil loyang yang sudah dipanaskan, tuang adonan ke dalamnya, lalu panggang api bawah selama 50-60 menit sampai mengembang dan matang.
  • Setelah matang, langsung balikkan loyang, tunggu sampai benar-benar dingin, baru keluarkan cake dengan cara mengeruk pinggirannya dengan pisau tajam.

3 comments:

sevenspecial said...

nanti saya minta istri saya mencoba dirumah

jeung dy said...

Halo Mbak Ipoek...Saya udah coba resepnya..I love it! makasih

Anonymous said...

Wah..kayaknya enak ne mb, boleh ya copy resepnya..:-)