Thursday, February 4, 2010

Baso Tahu Udang (Batagor dan Baso Tahu Kuah)

Ini resep yang selalu saya pake kalo bikin batagor atau baso tahu. Diambil dari Buku Seri Resep Primarasa. Resep ini bisa dimodifikasi jadi dua sajian. Batagor (Baso Tahu Goreng) dengan Sambal Kacang, dan Baso Tahu Kuah.

Tips nya kalo mau rasa udang nya kerasa banget, jangan campurkan semua isi tahu ke dalam adonan isi. Ambil setengah atau 3/4 nya aja.


BAKSO TAHU UDANG

Bahan :
10 buah tahu putih ukuran kecil, belah segitiga.


Isi :
75 gr daging ayam cincang --> kadang gak pake alias cuma udang to aja
225 gr udang, kupas, cincang
1 butir telur, kocok
1 sdm tepung kanji
1 batang daun bawang iris-iris
1 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt minyak wijen --> saya tambahin sendiri

Cara Membuat :
  • Korek tengah-tengah tahu sampai berlubang. Lalu haluskan bagian yang sudah dikeluarkan. 
  • Campur daging ayam, udang, telur, tepung kanji, daun bawang, bawang putih halus, garam, merica bubuk, dan minyak wijen bersama tahu yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
  • Isikan ke dalam lubang tahu. Lalu kukus hingga matang kurang lebih 20 menit. 




Bakso Tahu Kuah :
Untuk baso tahu kuah, disajikan dengan kuah yang dibuat dari 1250 ml kaldu ayam yang didihkan bersama 2 buah bawang putih geprek, 1/2 sdt merica bubuk, 2,5 sdt garam, 1/2 sdt minyak wijen, dan 1/2 sdt gula pasir.

Bahan pelengkap lain :
1 sdm bawang goreng
2 batang daun bawang, iris tipis
1 batang seledri, cincang
Sawi atau pokcoy rebus








Batagor :
Untuk Batagor atau Baso Tahu goreng, goreng bakso tahu hingga garing, lalu sajikan bersama Sambal Kacang.

















Bahan Sambal Kacang
Resep dari NCC, sumpah enak! Bikin 1/2 resep aja udah banyak kok.


Bahan:
500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr  cabe merah
3 bh     bawang putih
2 sdm   cuka
2 sdm   garam
8 sdm   gula pasir --> saya pake 5 sdm gula merah disisir
2 sdm saus sambal botolan --> tambahin sendiri
Minyak sayur secukupnya
500 gr  ubi merah, matang --> pake ubi kuning
1,5 ltr   air matang



Cara membuatnya:
  1. Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
  2. Haluskan cabe merah dan bawang putih.
  3. Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
  4. Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.

3 comments:

Sofie said...

Miraaaaa.... aduuuhh... ngiler pisan euy sama batagornya.
rada2 hariwang bikin batagor teh, disebabkan tahu yang kurang enak disini mah.. hiks.
Tapi mungkin harus dicobain juga aah..
ntar dicontek yaa, nuhun :)

Mira Assjarif said...

Hiihihihi.. Gak usah yang di Bangka, adik Mira di Jakarta aja suka minta bawain tahu bandung kalo Mama mau kesana. Emang gak ada yang seenak tahu made in Bandung. :D

Cobain kuah kacangnya Teh.. Enak pisan. Tapi gulanya agak dikurangin kalo versi Mira sih. :)

Furdan Shisha said...

Over Kontrak Cepat Tempat Usaha, Lokasi : Jl. Bukit Jarian (Belakang Kampus UNPAR) Bandung, Lokasi Lapangan Parkir Mahasiswa Unpar... Hub Segera 081 809 671 689 / 9202 3003