Sunday, November 16, 2008

Pastel Goreng isi Bayam Keju


Mimpi apa yah gue..

Minggu kemarin sempet sama suami iseng-iseng liat-liat peralatan perang (baca: peralatan masak) di Kalipah Apo. Terus ngeliat mesin penggilas pasta dan mie. Langsung nyeletuk sama suami.. "Pap kalo punya yang beginian bikin mie sama Jalang Kote gak akan repot lagi nih".

Tapi pas liat harganya agak kecewa juga ternyata kocek lagi nggak mendukung. Wong lagi jalan-jalan iseng doang, duit bawa seadanya. Kalaupun bawa kayaknya nggak akan beli soalnya masih ada list inceran lain yang belum mampir di lemari. Huh.. Boros ya bo ngumpulin peralatan perang tuh..

Gataunya, malem minggu sepulang dari nganterin Adik gue yang tiba-tiba harus rawat inap di Hermina Pasteur, Abang pulang bawa bingkisan. Pas dibuka.. tadaaa... Satu set pasta machine merk ATLAS bo!! Wadaaaaawwww.... Jingkrak-jingkrak kayak anjing pudel disodorin tulang. Mesin ini dikasih (baca:dipinjemin tanpa batas waktu) sama Kang Acil, sahabat suami. Katanya di rumahnya nggak ada yang pake. Mending dikaryakan aja di Dapur si Ipoek. Masih baru lo. Belum dipake sama sekali... Duuuh... Baik bener sih.. Nuhun yah, Papa-nya Indy dan Laras anu kasep (mendadak muji). ^_^

So.. Hari Minggu-nya langsunglah uji coba mesin ini. Ternyata emang memuaskan sekali hasilnya. Gak ada lagi cerita hampir pingsan waktu ngegilas kulit Jalang Kote. Suami yang ngegilasin aja sampe ketagihan. Lucu aja liat adonan yang tadinya bulet pas keluar jadi tipis dan lembut. Norak amat yah kita ini..

Adonan kulit pastel ini gue kali ini nakar sendiri. Setelah beberapa kali bikin, memang yang paling enak yang pake metode 2 adonan. Hasilnya lebih legit dan padat. Isiannya kali ini pake bayam organik yang dicincang dan ditumis sama jagung, lalu ditambah keju parut. Enak dan sehaaat..

Veggie Cheese Fried Pastel


Bahan Kulit A
1 1/2 cup terigu
1 butir telur
1/2 sdt garam
Air secukupnya

Uleni semua bahan A sampai kalis. Tutup, diamkan 1/2 jam

Bahan Kulit B
1/2 cup terigu
2-3 sdm margarine

Campur terigu dan margarin sampai berbutir-butir halus.



Penyelesaian :
Ambil 1 bulatan besar kulit A, pipihkan, isi dengan kulit B. Lalu masukkan ke dalam mesin penggilas. Pakai nomor paling besar dulu (Atlas = 2), baru gilas kembali pakai nomor yang lebih kecil (Atlas = 6 atau 7).

Harusnya adonan kulit dicetak bulat baru diisi dan pinggirannya dipilin. Tapi gue kok gatel pengen nyobain roller zigzag yang jadi side equipment'nya si Atlas ini. Akhirnya gue potong kotak, diisi, baru dirapatkan pinggirnya dengan cara ditekan-tekan.



Isian :
1 ikat bayam (pake yang organik biar lebih crunchy)
1 buah jagung manis, sisir
2 siung bawang putih cincang
50 ml air
2 sdm magarin
Garam, gula pasir, dan merica secukupnya
50 gr keju parut

Cara Membuat :
- Bayam diiris-iris halus
- Tumis bawang putih dengan margarin sampai wangi
- Masukkan jagung sisir, beri bumbu dan air
- Masak sampai air hampir habis
- Masukkan bayam cincang, aduk sampai bayam layu
- Dinginkan



Ambil selembar kulit pastel, isi dengan tumisan bayam dan jagung, taburi keju parut, tutup sampai rapat, lalu goreng dalam minyak yang banyak dan panas sedang.



Cocol pake sambel botolan... Uuuh gak akan berenti deeh..

No comments: