Thursday, March 19, 2009

(maksud hati) Tongkol Asam Padeh

Tapi ternyata terlalu lama masaknya. Akhirnya kuahnya mengering dan menjelma menjadi belado. Huahahahahah.. Jadi samaan sama Mba Peppy waktu dia bikin Asam Padeh juga terlalu kering.

Gatau deh hari ini memang lagi serba salah. Badan kaco balo, pilek berat, meriang, dan kepala kayak dipakein topi seberat 5 kilo. Pengen banget makan yang spicy. Pas liat ada ikan tongkol di tukang sayur, kepikiran bikin Asam Padeh. Waktu ngeblender bumbu, kepikiran nambahin cabe yang banyak biar pedes. Gataunya... hasilnya kepedesan bow. Tapi tetep enaaak..

Asam Padeh ini resepnya mertua-ku tersayang. Tahu bumbunya secara lisan aja waktu kita makan Asam Padeh di RM Sederhana daerah Rawa Mangun yang jadi langganan keluarga. Tapi dimodifikasi dikit lah.. Biasyaaa...


TONGKOL ASAM PADEH

Bahan :
2 ekor ikan tongkol, cuci bersih, potong-potong 4 bagian. --> saya digoreng sebentar sampai agak kering
2 buah asam kandis
3 gelas air

Haluskan :
4 - 10 buah cabai merah, tergantung selera
8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 buah tomat kecil --> saya tambahin sendiri biar seger

1 ruas jari lengkuas, geprek
1/2 ruas jari jahe, geprek
2 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun kunyit --> gak pake

Garam, gula pasir/gula jawa, dan merica secukupnya.
Minyak secukupnya untuk menumis.

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus, lengkuas, jahe, dan daun jeruk purut sampai harum
  • Masukkan ikan tongkol, aduk-aduk sampai terbalut bumbu
  • Tambahkan air dan asam kadis. Beri garam, merica, dan gula.
  • Masak dengan api kecil sampai kuah mengental.

7 comments:

Ike Hermawan said...

Aduuuuuh, mau dooong...gimana neeeh ngilerrr....ningali nu pedes2....nyammmm...tfs ya...meski bahasa na aneh di telingaku...:))

Mira Assjarif said...

Cobain Teh.. enak lo asem-asem seger. Tapi kuahyajangan sampe kering ya.. Itu fotonya jadi penampakan belado.. Padahal bumbuna asam padeh. :)

amel said...

wuihhh tuh cabe merah merona kayak gincu ..
.. jadi pengen tapi mesti beli beras dulu nih

Mira Assjarif said...

Buset Mel.. Hampir aja gue lupa lu tinggal di perancess.. Tadinya mau ngatain nape kagak punya beras, kan tinggal beli ke warung. hohohohoho.. :D

Indonesia-Eats said...

duarr jadai bener dwehh ini balado yg lbh kayak bumbu :)

toss gak gw aja yg salah prosedur

Mira Assjarif said...

huahahahahah... toss lagi Mba Peppy. Tapi gak kapok bow.. Siap-siap mau bikin lagi. Kali ini gak boleh gagal. :D

Elsye said...

tetep aja gue mah, pake tongkol bakalan nambah nasi...hihihihihi