Sunday, December 7, 2008

Cheese Stick Goreng (resep sakainget)

Demi menyelamatkan seperempat batang keju edam (edam gadungan-nya Chessy) dari bahaya kekeringan...

Dan demi menyelamatkan keluarga dari bahaya kelaparan akibat kurang cemilan.. (halaah)

Terciptalah CISTIK Goreng nan renyah ini. Resepnya siapa? Gatau soalnya bikinnya galiat resep. Heheheh..

Hasilnya enak. Gurih dan crunchy. Bisa bertahan cukup lama di dalam toples. Tapi biasanya gak pake lama-lama soalnya keburu abis dikunyah Abang.


CHEESE STICK GORENG


Bahan :
250 gr terigu (all purpose)
50 gr tepung kanji (tapioka)
1/2 sdt baking powder
60 gr keju edam/cheddar parut --> harusnya lebih banyak (100 - 150 gr) biar lebih wokeh
1 butir telur
80 gr margarin
2 - 3 lembar daun jeruk, iris halus --> bisa diganti daun bawang, atau diskip
1 buah kaldu blok rasa ayam --> kalo anti MSG diskip aja
Garam dan merica secukupnya
Air secukupnya untuk menguleni
Cara Membuat :
- Campur terigu, kanji, dan baking powder di dalam wadah
- Tambahkan semua bahan, kecuali air. Aduk menggunakan tangan sampai berbutir-butir
- Tambahkan air, uleni adonan sampai bisa digilas
- Siapkan mesin penggilas (pasta maker), gilas adonan menggunakan nomor rendah (Atlas no 2) sebanyak 2 kali
- Masukan adonan yang sudah digilas kedalam cetakan fettucini (cetakan mie paling besar).
- Goreng cheese stick dalam minyak yang banyak sambil diaduk-aduk sampai garing dan kecoklatan
- Dinginkan, simpan dalam wadah tertutup.

Note : Gakpunya mesin penggilas? Gilas sendiri aja terus diiris-iris tipis memanjang. Itu yang biasa gue lakukan dulu sebelum punya mesin penggilas sendiri. Maju teroouss pantang mundur!

5 comments:

Anonymous said...

aha! ini yang gue cari. dicontek yah, Mba.

Kedai Rachmah said...

*untuk urusan gilas menggilas adonan kayak begini nih, aku malaaaaaaaassss, itu gilasan mie, mulai beli hampir setahun lalu sampe sekarang baru blm kepake samsek... terlaaluuu ;)

Ike Hermawan said...

mantapppp...akyu mah malesss bikin cistik..leklek..ntar lebaran pesen nya 5 kilo weh...:))

Mira Assjarif said...

To Anonim : Boleeeh..

To Mba Rachmah : katian dong itu penggilas mie nangis-nangis gak dipake. tar karatan lo. :D

To Teh Ike : wahahaha.. 5 kilo?? kumaha eta ngagilasna nepi ka gempor sigana-mah. Insya Allah tar Lebaran mudik Mira kirim parsel ini ke Permako. :D

ayoe' said...

suka banget sama cistik, tp belom pernah bikin sendiri gak punya pasta maker :(