Thursday, November 6, 2008

Jalang Kote (Pastel Isi)


Haduh biyung... Nemu resep jalang kote ini waktu beli Sun Kara. Dibilangnya sih Pastel Isi. Tapi bentuknya kan Jalang Kote banget. Halah dasar maniak makanan Makassar.

Akhirnya langsung praktek bikin tapi ternyataaaa.... Banyak yang nggak pas takarannya! Plus nge-GILAS-nya itu lo bikin pingsan. Kudunya pake mesin gilas. Tapi kagak punya, jadinya nyeret suami yang lagi tidur ke dapur buat bantuin gilas. Maaf Pap. Tapi ini demi melestarikan makanan warisan leluhur.

Resep yang saya pake cuma kulitnya doang. Isinya sih kreasi sendiri.

JALANG KOTE

Resep dari Sun Kara (kulitnya doang 1/2 resep)

Bahan kulit A :
125 gr terigu protein tinggi
50 gr mentega
1 pak santan instan 65 ml (kayaknya kurang deh ni. jadi saya tambahin air)
1/2 sdt garam

Aduk rata bahan A. Diamkan 20 menit.

Bahan kulit B :
50 gr terigu protein sedang
40 gr margarin (saya ditambahin jadi 60 gr)

Praktisnya gini : Ambil bahan A, isi dengan bahan B. Gilas tipis. Biarkan 15 menit. Baru beri isian dan dilipat kayak ginih :


Isian :
1 buah kentang potong dadu kecil
1 buah wortel potong dadu kecil
50 gr daging cincang
1/2 buah bawang bombay cincang
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica
200 ml air
1 sdm margarin

Cara membuat :
- Tumis bawang bombay dengan margarin sampai harum
- Masukkan daging cincang. Aduk sampai berubah warna
- Masukkan wortel dan kentang
- Tambahkan air dan bumbu
- Masak sampai wortel dan kentang lunak dan air habis (api kecil)
- Biarkan dingin baru isikan ke dalam kulit

Setelah dilipat dan dipilin (susah ya booo....), lalu goreng dalam minyak banyak dan api sedang sampai garing. Sajikan dengan sambal asam manis atau sambal kacang.

3 comments:

Indonesia-Eats said...

Mir, gw minta bagiin elo aja dwehh...bagiiiii jalang kotenya

Anonymous said...

di malaysia jalangkote ngak bisa disebut nanti ditangkap pak polisi...sebabnya jalang itu maksudnya pelacur, kote itu pula alat sulit lelaki. nanti saya ke makassar suka makan kuih ini yang serupa di Malaysia panggilnya karipap

Kreasi Marie said...

Hmmm Yumm!! Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..