Tuesday, November 4, 2008

Onde Onde Ketan Hitam isi Keju



Beruntungnya kemarin beli Tabloid Koki di Bakso Akung, ada resep Onde-Onde dari ketan hitam. Akhirnyaaa ada juga ide mengolah sisa tepung ketan hitam yang udah dua bulan ngetem di lemari.

Resep ini aslinya memakai keju cheddar yang dicampurin ke isian kacang hijau. Tapi kemarin sisa keju di kulkas tinggal mozarella dan edam-edaman-nya Cheesy. Akhirnya gak pake keju. Tapi rasanya wokeh tenaaan... Kayaknya lebih enak pake ketan item begini daripada ketan putih biasa.

Bahan-bahan :
KULIT :
300 gr tepung ketan hitam
30 gr tepung kanji
1/4 sdt garam
200 ml air hangat
100 gr wijen

ISIAN :
75 gr kacang hijau kupas (kemaren saya nggak punya, jadi pake kacang hijau biasa). Rendam air minimal 2 jam.
50 gr gula halus (saya pake gula pasir biasa)
100 gr keju cheddar parut (saya nggak pake)


Cara Membuat :
Buat ISI terlebih dahulu
Cara ala Tabloid Koki :
- Kukus kacang hijau sampai lunak
- Panas-panas haluskan
- Campur dengan gula halus dan keju
- Buat bola-bola sebesar kelereng. Sisihkan

Cara saya :
- Kacang hijau kukus saya haluskan dengan gula pasir. Lalu saya kukus kembali sekitar 5 menit (soalnya belum terlalu empuk..hihihihihi)

KULIT :
- Campur tepung ketan, tepung kanji, dan garam dalam wadah. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit
- Uleni hingga kalis
- Ambil sejumput adonan, pipihkan, isi dengan adonan isi, bulatkan kembali.
- Gulingkan dalam air sebentar
- Baru gulingkan ke dalam wijen sampai terbalut semuanya
- Goreng dalam minyak yang banyak dan api sedang sampai matang
- Sajikan hangat

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!