Monday, March 22, 2010

Kroket Kentang Keju

Kroket Kentang
Kalo udah masak kadang suka ngelantur. Minggu pagi kemaren niat banget mau bikin Shepperd's Pie buat sarapan, pas 3/4 jalan kok malah ngebelot bikin kroket. Teu boga pamadegan pisan.. :D

Resep kroket buanyak bertebaran. Kalo udah biasa bikin sih pake feeling aja soalnya emang simple banget kok bikinnya. Dijamin gak akan seribet Risolles yang kudu dadar kulit atu-atu. Pegeelll...

Kroket Kentang

KROKET KENTANG KEJU


Bahan kulit :
4 buah kentang tes, kukus atau rebus sampai empuk
1 sdm susu bubuk full cream
75 gr keju cheddar parut
Garam, merica, pala bubuk secukupnya

  • Haluskan kentang selagi panas, campur dengan susu bubuk, garam, merica, pala bubuk, dan keju parut sampai rata.

Bahan Isi :
150 gr daging sapi cincang
1 buah bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang kasar

1 buah wortel, potong dadu atau serut kasar
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt kecap inggris
1 sdt saus tiram
Garam, merica, gula pasir secukupnya
2 sdm margarine untuk menumis

  • Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. 
  • Masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna.
  • Tambahkan wortel, dan beri semua bumbu. 
  • Masak dengan api kecil sampai daging matang.

Bahan Pelapis :
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
Tepung roti / tepung panir secukupnya

Penyelesaian :
  • Ambil adonan kentang, pipihkan, lalu isi dengan tumisan daging. 
  • Bentuk sesuai selera sambil dipadatkan. 
  • Masukkan dalam telur kocok, lalu balur dengan tepung roti sampai rata. Ulangi sekali lagi.
  • Panaskan minyak yang banyak dengan api sedang, goreng kroket sampai matang.

Notes :
  • Sebaiknya jangan kukus atau rebus kentang terlalu lama. Nanti adonan akan lembek dan cenderung lengket pas dibentuk.
  • Pilih kentang tes kualitas bagus yang kandungan airnya sedikit.
  • Kalo adonan kulit kentang lengket, lumuri tangan atau plastik dengan minyak dan bentuk sesuai selera.

3 comments:

Ike Hermawan said...

paling ga mau bikin karoket, risoles...leukeun...alias lamaaaaaaa....ga secepat menghabiskan makanannya...:D *depresi* :D

Diva said...

ahaha kayaknya enk ya, minta bikinin aah :D

resep membuat donat kentang said...

waaah, kroket kentaaang
yummy