Tuesday, August 4, 2009

Mantau

Enak nih.. empuk banget.. Rifa juga doyaan..

Bikin aja sekaligus yang banyak, terus simpen di freezer. Pas waktunya mau dimakan tinggal kukus lagi. Lumayan bisa buat amunisi kalau telat sahur pas puasa nanti. Hihihihi..



MANTAU

Source : Tabloid Koki

Bahan :
300 gr terigu protein sedang
50 gr tepung tang mien --> saya pakai 200 gr tepung terigu dan 150 gr tepung tang mien
25 gr gula pasir --> pakai gula halus
Air es secukupnya untuk menguleni
50 ml santan kental
7,5 gr ragi instant
2 gr pengempuk roti / bread improver --> bisa diskip
1/2 sdt baking powder
Sedikit garam
Pasta coklat/strawberry/pandan atau sesuai selera



Method :

  • Campur tepung terigu, tang mien, baking powder, gula, ragi instant, bread improver dan garam.
  • Masukkan air es sedikit demi sedikit, uleni sampai rata
  • Masukkan santan kental, uleni terus sampai kalis dan elastis.
  • Ambil 1/3 adonan, beri pasta sesuai selera. Uleni sampai pasta tercampur rata.
  • Ambil adonan putih, gilas tipis memanjang
  • Beri adonan pasta, gilas diatas adonan putih.
  • Gulung adonan seperti membuat bolu gulung, lalu potong-potong.
  • Tutup dengan serbet basah selama 30 menit sampai mengembang.
  • Kukus selama 10 menit sampai matang.


Tips :
  • Alasi kukusan dengan plastik, atau taruh mantau diatas kertas roti agar tidak lengket ketika dikukus
  • Kalau gamau ribet pake pasta, tinggal gilas tipis adonan putih, lalu gulung dan potong-potong.

2 comments:

Fitri said...

Mirrrrrrrrr...cakep amat tuh lingkaran nya, bisa buat event merah putih nya SLF tuh neng...

Mira Assjarif said...

Iya ya Mak? Kata Mba Dwi juga gitu.. Masalahnya udah abis ni Mantaunya. Bikin lagi dulu aja ya? Keburu males... wakakakakaka... Thank you ya Mak.. :)