Wednesday, October 21, 2009

Pesmol Bawal

Nasib punya laki kagak doyan ikan air tawar. Digorengin mujair manyun.. Apalagi disodorin ikan mas. Udah nehi sunehi aja deh kagak akan dilirik. Cuma gurame aja yang masih masuk hitungan ikan tawar yang layak makan.

Huh.. padahal kan pengen pesmol. Pake ikan mujair gede yang digoreng garing kan enak banget tuh kriuk kriuk basah.. Set dah bahasanya.. Coba kita ganti bawal hitam aja. Eh ludes... wekekekekekeke...

Resep pesmol ini mirip sama resep ikan acar kuning. Yang ngebedain kalo pesmol gak dikasih tambahan acar mentimun dan wortel. Rasanya juga gak terlalu menyengat. Lebih ke segar dan pedes dari cabe rawit. Setidaknya itu yang gue tau tentang pesmol. Kalo ada yang bikin pesmol pake acar nya keun bae namanya juga negara demokrasi. :D



















PESMOL BAWAL 

Bahan :
2 ekor ikan bawal ukuran sedang --> semua jenis ikan bisa dibikin pesmol kok. Asal jangan ikan koki aja. Kasian...
Air jeruk lemon
Garam dan merica secukupnya

Bersihkan bawal, lumuri dengan air jeruk lemon, garam, dan merica. Diamkan 15 menit. Lalu goreng sampai garing.

Bumbu halus : 
3 butir bawang merah
5 butir bawang putih --> I prefer more garlic :)
5 butir kemiri
1/2 jari kunyit --> pake 1/2 sdt kunyit bubuk
1 cm jahe

Garam, gula pasir, merica secukupnya

Geprek : 
1/2 jari lengkuas
1 batang serai
2 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk


Potong-potong :
6 buah bawang merah kupas, belah dua
1 batang daun bawang, potong-potong
1 batang serai, iris halus
1 buah tomat kecil, potong kotak
1 buah cabai merah, potong kasar
Cabai rawit merah utuh secukupnya

1 gelas air
1/2 sdm air jeruk lemon/cuka


Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk sampai harum. 
  • Masukkan air. Beri garam, merica, gula pasir. Tunggu sampai mendidih.
  • Masukkan semua bahan yang dipotong-potong, aduk sebentar. 
  • Tambahkan cuka. Masak sampai kuah mulai mengental.
  • Masukkan ikan goreng. Lanjutkan memasak dengan api kecil sampai bumbu meresap ke dalam ikan.
  • Sajikan. 

Jangan dibolak-balik yaaa.. nanti ikannya hancur. :)

4 comments:

Mommy Khamara said...

Enyyyyaaaaakkkk bund ^^

ummu syahida said...

Baru kali ini nemu resep pesmol yg pas di hati dan enak di lidah. . . Makasih bunda. . :)

dewi cahyani said...

Nih dia resep ª aku cari... †ђåήк ¥øù bunda miraa

Anonymous said...

Ternyata komen yang lain gak bohong. Enaaak