Tuesday, February 17, 2009

Ayam Pop


Udah lama ya nggak update Dapur. Berhubung ada yang protes katanya di Dapur Ipoek kagak ada bab daging (padahal mah aya), nih tah dikasih satu buat yang protes.

Resep asli ayam Pop ini kepunyaan Uni Dewi Anwar . Saking keseringan bikin jadi udah racik sendiri deh bumbunya. Yang penting enak buat temen nasi.

AYAM POP


Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong-potong --> saya seringnya pake ayam broiler biasa, dan cuma ambil bagian dada dan paha.
750 - 1000 ml air kelapa --> biasanya saya pake dari 3-4 butir kelapa, ditambah air biasa kalo dirasa kurang
8 buah bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica
11/2 sdt garam
3/4 sdt gula pasir
2 sdm butter untuk menumis

Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih menggunakan butter sampai harum
  • Masukkan ayam, aduk sebentar sampai berubah warna
  • Tambahkan air kelapa, lalu beri bumbu
  • Ungkep dengan api kecil sampai air kelapa menyusut
  • Goreng ayam dalam minyak panas sebentar saja
  • Sajikan dengan sambal belado rebus dan lalapan daun singkong

Ayam Pop ini paling enak kalau ditumis menggunakan butter. Kalo pake margarin, warna ayamnya jadi kekuningan. Kalo gak ada butter, tumisnya pake minyak biasa juga wokeh.

8 comments:

Ike Hermawan said...

bagussss ada yg protes...jadi bikin ayam pop kan...favorit ieu mah hanjakal si akang mah teu resep...:(

Mira Assjarif said...

Bikin ayam pop mah sering. Tapi baru diuploadnya sekarang. :)

Mira juga dulu gak suka sama Ayam Pop, Teh. Semenjak nikah sama Abang aja jadi suka. Sumatera teaaa atuh..

Nazla said...

gampang ningan! nuhun euy.

eh, gw punyanya butter unsalted, bisa ga ya? atau tepatnya, enak ga ya?

sayang2 euy loba keneh bekas koosha, tp dia ga doyan :(

Elsye said...

belum pernah da bikin ayam pop, rasana kumaha Mir, jadi pengen coba oge ahh..hahahah pipiluan pisan yeuh :D...nuhunnn

Mira Assjarif said...

Iya itu butter unsalted Lu. Orchid/Anchor/Elle&Vire. Jadinya gurih deh kalo pake butter.

Rasana? Teh Elsye belum pernah makan Ayam Pop kitu? Pan seueur di RM Padang. Rasanya gurih tapi nggak garing. Sok atuh cobian Teh.. :)

Mira Assjarif said...

Iya itu butter unsalted Lu. Orchid/Anchor/Elle&Vire. Jadinya gurih deh kalo pake butter.

Rasana? Teh Elsye belum pernah makan Ayam Pop kitu? Pan seueur di RM Padang. Rasanya gurih tapi nggak garing. Sok atuh cobian Teh.. :)

kangenistri said...

saya nyobain bikin ayam popnya tapi kok ayamnya jadi coklat yah pas digoreng...

Anonymous said...

salam kenal ceuceu :)
parantos dicobian resep ayam pop na, enyaak tp rada enek (di gorengnya lagi pake butter heheh).terima kasih sudah sharing resepnya