Monday, January 5, 2009

Lasagna Kulit Pangsit



Atau Lasagna Kaki Lima? Soalnya gak pake mozarella...
Atau Lasagna Jadi-jadian? Soalnya tampang dan rasanya lasagna banged..
Atau Lasagna Generik? Karena gak pake kulit lasagna...

Tapi rasanya enak.. Gimana dong??
Kayaknya bakalan sering bikin nih.. :D


LASAGNA KULIT PANGSIT

Bahan Kulit :
20 lembar kulit pangsit siap pakai --> saya pakai kulit pangsit goreng. kalau kulit pangsit rebus terlalu tipis
50 gr keju parut untuk taburan

Saus Daging :
3 sdm margarin
200 gr daging giling
1 buah tomat sedang, kupas kulit, cincang halus
5 sdm pasta tomat
1/2 butir bawang bombay, cincang
2 sdt oregano
Garam, merica, dan gula pasir secukupnya
Air secukupnya --> kira-kira 150 ml

  • Tumis bawang bombay dengan margarin sampai layu dan harum
  • Masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna
  • Masukkan tomat cincang, aduk rata. Masak sebentar sampai tomat layu
  • Masukkan pasta tomat, oregano, garam, merica, dan gula pasir. Beri air secukupnya
  • Masak dengan api kecil sampai mengental
  • Dinginkan

Bahan Saus Bechamel (Saus Keju) :
2 sdm margarin
2 sdm tepung terigu
500 ml susu cair
80 gr keju parut
Merica dan pala bubuk secukupnya

  • Panaskan margarin dengan api sedang
  • Masukkan tepung terigu, aduk sampai tidak lengket
  • Tambahkan susu cair, aduk sampai tercampur dan kental
  • Masukkan keju parut, merica, dan pala. Masak sebentar sampai rata

Penyelesaian :
  • Olesi pinggan tahan panas dengan margarin
  • Tata kulit pangsit diatas pinggan --> kulit pangsit bisa dipotong sesuai dengan bentuk pinggan. Kalo saya enggak dipotong biar ada rasa crunchy dari kulit yang mengeras waktu dipanggang.. :)
  • Ulangi sampai pinggan hampir terisi penuh
  • Terakhir, olesi dengan saus keju, taburi keju parut
  • Panggang di oven suhu 180'C selama 20 menit
  • Sajikan hangat

2 comments:

Elsye said...

rasanya kayak apa May hihih tapi kayaknya endang penampakannya :D..jadi ngilerr iki

Mira Assjarif said...

Huwaaaa... Teh Elsye naha Mira dipanggil May?? *ceurik...

Nu pasti mah ENAAAK.. :)