Wednesday, November 12, 2008

Pangsit Goreng & Kentang Masywi dengan Saus Italia


Seringkali kita nggak butuh bahan-bahan yang mahal untuk menyuguhkan cemilan yang lezat. Ini salah satunya. Favorit di my little family. Kulit pangsit yang digoreng, ditambah kentang masywi, yang dicocol dengan Saus ala Italia. Kentang Masywi ini terinspirasi dari postingan Mba Fitriyah. Tapi saya modif biar nggak terlalu ribet bikinnya. ^_^

Mau coba?

Pangsit Goreng :

10 lembar kulit pangsit siap pakai, belah menjadi 4 segitiga, goreng dengan minyak yang banyak sampai garing, tiriskan.

Kentang Kulit Goreng Rempah:
2 buah kentang tes ukuran besar
3 sdm tepung beras / tepung terigu
1 sdt oregano
1 sdt cabai bubuk
1/2 sdt merica
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
- Cuci bersih kentang dengan cara menyikat kulitnya sampai semua kotorannya hilang
- Potong-potong membujur. Lalu olah dengan 2 cara.
Cara 1 : Bungkus dengan alumunium foil, panggang 60 menit dengan api sedang. Diamkan semalaman di freezer
Cara 2 : Rebus / Kukus kentang sampai lunak. Diamkan di freezer semaleman.
- Keluarkan dari freezer, campur dengan oregano, cabe bubuk, garam, merica, dan tepung beras. Aduk-aduk sampai kentang terbalut.
- Goreng dengan minyak yang banyak sampai matang dan renyah

Kalau saya lebih suka cara 2 (cara saya sendiri maksutnyah). Soalnya lebih cepet. Hihihihi..


Saus ala Italia (ala Ipoek) :

1/2 buah bawang bombay cincang
1 buah wortel sedang potong kotak
50 gr daging cincang (kalau ada)
3 sdm pasta tomat
1 sdt oregano
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica
2 sdm mentega/margarin
150 ml air

Cara Membuat :
- Tumis bawang bombay dengan mentega hingga harum
- Tambahkan daging cincang dan wortel, aduk hingga daging berubah warna
- Tambahkan pasta tomat, beri semua bumbu, aduk rata
- Masukkan air, masak dengan api kecil sampai mengetal.

Tips :

- Kentang kulit ini bisa tahan lama disimpen di freezer. Jadi kalau mau nyetok, bikin agak banyakan, simpen di freezer dalam wadah tertutup.
- Kalau saya sih lebih seringnya bikin kulit pangsit goreng doang. Kadang nggak perlu dicocol saus ala italia aja udah enak kok. :)
- Tepung untuk membalut kentang bisa pakai tepung apa aja. Bahkan tepung berbumbu siap pakai juga bisa. Tapi saya lebih suka pakai tepung beras biar lebih renyah.

3 comments:

Fitriyah said...

Bagaimana mbak MIra,kentangnya empuk ya?Wahh enaknya,makan2 besar nih...

Mira Assjarif said...

Iya, Mba. Empuk dan enak bangeeet. Tapi Mira nggak pake jinten bubuk kayak punya Mba. Lagi nggak ada stock di dapur. Hehehehe..

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!