Saturday, January 22, 2011

Seblak Basah

Sebagai orang Sunda yang tinggal di Bandung... Baru nyicipin seblak beberapa hari yang lalu memang kete. Keterlaluan.. :D

Sempet liat Teh Ike di Perth bikin sendiri katanya saking penasaran sama yang namanya Seblak. Malu ah masa Teh Ike yang jauh aja udah nyobain seblak, saya belon.. :D

Akhirnya kemaren sebelum jemput Rifa pulang sekolah, beraniin mampir ke tukang jualan seblak di pinggir jalan. Minta yang pedeeeess.. Tapi ternyata pas diicipin hiks.. boro2 pedes. Cabe lagi sombong buanget sih nih. Mahal luar binasa... Siksaan berat buat yang doyan pedes kayak sayah.

Besoknya saya nanya sama Bibi bumbunya apa aja.. Ternyata simpel bangeud. Ini sih bisa bikin tiap hari kali.. :D

Ada beberapa versi sih cara masaknya. Saya ambil yang cepet aja kerupuknya direbus bentar sampe agak lunak. Baru ditumis sama bumbu dan telur. Oiya pake telur ini juga opsi ya.. Kebanyakan yang dijual sih gapake. Saya kebetulan pertama nyoba seblak ketemu sama penjual yang pakein telur. Mayan lah nambah2 nilai gizi.. (dan lemak).

SEBLAK BASAH




Bahan :
Kerupuk aci kuning (kerupuk gado2, kerupuk nasi kuning, kerupuk bubur). Rebus bentar sampai agak lunak.. Rendam air matang.
1 butir telur

Bumbu halus :
Bawang putih
Tomat
Kencur
Cabe rawit sesuai selera
Garam, gula
Penyedap kalo suka

Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus dengan minyak sampai harum
  • Masukkan telur, aduk-aduk sampai matang.
  • Masukkan kerupuk aci kuning, beri air sedikit aja, lalu tumis lagi sampe agak kering.
  • Sajikaaaan... Slllrrrppph..

2 comments:

seblak Keriting legendaris said...

Seblak memang yahut ya?karya anak bangsa ini--lestarikan!

sharing seblak keriting mak erot eh bukan mak irit yang legendaris telah hadir di bandung MAYASARI dll--berkunjung teman ya?

http://seblak-keriting.blogspot.com/2011/07/seblak-keriting-mak-irit-bukan-mak-erot.html

SEBLAK JANG HAJI said...

Memang penemuan penomenal seblak sebagai parian dari kurupuk layak jadi tambahan kekayaan heritej Jawa Barat.