Wednesday, June 10, 2009

MARTABAK BOLU

Dapet resep dari Mba Nunung Bundazasha, temen Facebook. Cailaa udah keberapa kalinya ni gue kekomporin ma Facebook. Ck ck ck.. Diet mah ke laut ajaaah..

Martabak Bolu memang mulai ngetrend di Bandung. Lokasinya di Jl. Surya Sumantri, deket kampus Maranatha. Yang jualnya orang rumahan. Kalo mau beli sebaiknya pake acara pesen dulu kalo gakmau kehabisan.

Saya sendiri belum pernah nyoba, tapi dari resep yang saya jajal hari ini, memang ada perbedaan kentara dari tekstur martabaknya. Ini lebih empuk, gak kecium bau aneh kimia yang lazim saya temui di martabak pinggir jalan, lebih legit, dan lebih enaaak..

Berhubung ini pertama kalinya bikin martabak, yang ada malah TUTUNG.. wahahahahah... Akibat gak punya pan kheuseus martabak yah begini nih. Jadinya cuma ngandelin teflon biasa. Padahal apinya udah lumayan kecil, tapi karena proses memasaknya cukup lama, plus adonannya ketebelan juga, jadi aja gocong deh.. :D

Saya pake 1/2 resep cukup untuk 1 pan martabak super tebel diameter 25 cm.

Bikinnya malem-malem nih.. Boro-boro sempet buat "merias" foto. Langsung jepret ajah pake cahaya seadanya..



MARTABAK BOLU
Recipe from Nunung Bundazasha

Bahan I :
250 gr terigu segitiga
50 gr gula pasir
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
350 ml susu cair
1 sdt ragi instant

Bahan II :
4 butir telur
1/4 sdt soda kue --> saya skip, lagi gak punya..
50 gr gula pasir

Cara Membuat :
  • Kocok bahan I kecuali ragi instant menggunakan mikser sampai tercampur dengan lembut. Lalu tambahkan ragi instant, aduk rata, tutup diamkan 1 jam sampai mengembang.
  • Kocok bahan II menggunakan garpu sampai gula larut. Tambahkan ke dalam bahan I. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
  • Panaskan loyang martabak, olesi margarin. Tuang adonan, lalu ratakan. Tutup dan tunggu sampai adonan berlubang-lubang.
  • Taburi dengan gula pasir dan beri margarin/butter.
  • Angkat, siap diberi filling (keju, meses, susu kental manis, atau kacang) sesuai selera.

Untuk 2 buah martabak bolu.

20 comments:

Vierly said...

bedanya ma martabak manis biasa apa dong Mir?? pengen nyobain nih abis ga pernah berhasil bikin martabak manis, siapa tau kali ini beruntung..hihihi... maunya...

Mira G. Lestari said...

Yang ini lebih lembut sih Vier.. Kayak makan waffle tapi tebel gitu. Gue sih doyan yang ini daripada kulit martabak biasa. Cobain gih.. Tapi jangan gosong kayak gue ya.. :D

Vierly said...

nanti g cobain kalo berat g dah normal, skrg cuma bs ngiler liat smua pada posting makanan ='(.. thaks yaa..

Mira G. Lestari said...

taelaaa... jangan nungguin BB normal. Sekarang aja biar gue ada temen saaaay.... :D

dapurbia said...

Hoyong ngaraosan jiga kumahanya..?
di kinyun we atuh ku Mira .Nuju males masak nih..!

ekawidiyati said...

Mira.....aku ijin contek resep martabak Bolunya ya....

AKSI PEDULI UMAT said...

Saya menjual paket usaha martabak "suka-suka",tanpa royalty fee,franchise fee...terdiri dari 5 resep martabak...resep diberikan..

dapat hubungi :
PT. MADANI JAYA ABADI
Up : Indra 085692123345

Anekalogam.com said...

Bu background webnya jangan hitam. Tulisan tidak terbaca. Btw thanks untuk liputan Martabak Bolu nya. Oh ya kami mendevelop juga Toko Emas Batangan saat ini. Sekiranya bisa sama2 Top Ten in Google bersama DokterPIM.com Salut u Ibu dan sukses untuk semua

ati said...

mba itu adonannya bgitu dituang keloyang langsung ditutup ya???

Kuliah Luar Negeri said...

Sedap den jika bisa masaknya

Apalagi jika dikrm ke luar negeri

Info KuliahkeLuarNegeri bisa melalui kami ...

Pawon Campur-Campur said...

mba, thanks buat resepnya...aku share di blog ku yaaa.....thanks before

nurwahyudi said...

thnks mba unutk resepnya,,jadi terinspirasi nih

Anonymous said...

Mba,makasih resepnya.kemarin aku bikin bisa bersarang,ga gosong,dipanggang sekitar 15 menitan dgn api kecil.cuma krn aku pake teflon ukr 20,jadi tiap bikin 1/2 resep,aku jadikan 2x panggang.sayangnya yg panggangan ke2 ko pori-porinya lebih sedikit n ga merata.kira-kira kenapa ya Mba?Oya krn di perth masih winter,biar cepet ngembang,maka mangkok adonan aku rendam di wadah berisi air suam2 kuku..hasilnya adonan A ngembangnya tetap lama,sekitar 3jam lebih kali..tapi tetep sukses siiih..kuncinya memang harus sabar...

Restaurant Jakarta said...

Selamat mencoba martabaknya

Semoga sukses kaya martabakbolu.com

Restaurant Jakarta said...

Met mencoba martabak bolunya

Kami sih order langsung ke martabakbolu.com

Pupuk Organik said...

Mantap...psh Pupuk Organik kami mau pesen deh untuk meeting. Salam dari http://bioplanmate.com

Anonymous said...

permisi...ikut iklan ya mb.

bagi yang pengen kulakan aksesoris komputer spt flash disk HP/kingston,aneka mouse/headset/spk/gamepad dan aksesoris ipad...

kunjungi ke siini ya www.76computer.com

maturnuwun..
wiwik

Genset said...

Thanks u marbol nya

emas batangan said...

ya betul resep untuk martabak sangat bergantung dengan tepungnya dan suhu loyang. itu dari pengalaman kami

Handuk said...

Resepnya patut dicoba