Wednesday, March 30, 2011

Play With Spun Sugar




Apa itu Spun Sugar??


Terus terang baru pelajarin secara boneng-boneng (baca : seurieus) pas pertengahan bulan Maret. Kesibukan ngebakul teuteup ya cin jadi alesan nomer wahid. Tapi gabole dooong dijadiin alasan buat gak ngerjain tantangan. Apalagi tantangan kali ini lumayan bikin dahi nyureng.

Setelah dibaca bolak balik, lemes deh pas tau itu adalah karamel... Mamaaaaa I hate making caramel! Lama, lengket, belepotan, dan rasanya juga gak gitu doyan. Sempet manyun tapi gak lama kemudian langsung ke dapur tebarin tumpukan brosur supermarket di lantai, minyakin dua buah paralon, dan nimbang gula buat dibikin karamel. Hskhskhskhsk...

Tadinya niat mau bikin Croquembouche. Udah bikin tatakan kerucutnya dari karton. Tapi kerucut tinggal kerucut... Soes-nya boro-boro sempet dibikin. Yang ada tu kerucut diambil Rifa dipake buat bikin topi Nensih alias Nenek Sihir.

Dari menyimak dan memperlajari curhatan para Boebo KBB di Twitter dan juga BBM group, akhirnya percobaan pertama dimantepin pake resep heavy caramel yang disharing Bucit.

Takarannya :

100 gr gula pasir
2 sdt air (saya pake sendok teh bukan sendok makan)
1/8 sdt cream of tar tar


Kenapa pake cream of tar tar? Karena liat di sindang. Web ini memuat beberapa resep Spun Sugar yang bisa kita coba. Penasaran buat apa itu kegunaannya cream of tar tar, jadi mari cari tahu sambil dibuat. Dan voila! Dengan menggunakan satu buah garpu, sukses berambut dengan buanyaknya. Widiiiiih langsung deh pamer di twitter dan BBM group. Meh..

Gula dimasak tanpa diaduk diatas api lilin. Saya sengaja pake kompor gas portable biar apinya bisa kecil. Setelah jadi, saya aduk aduk perlahan pake garpu sambil coba diciprat keatas paralon. Cipratan pertama sampai ketiga masih terjun bebas tanpa kebentuk rambut, tapi karena pake heavy caramel, cipratan selanjutnya langsung terbentuk rambut-rambut keemasan kayak rambutnya Nicole Kidman. Ih...

Sayangnyaaaa... Percobaan pertama ini memang didasari penasaran sama si sepun aja. Sedangkan bakingnya boro-boro inget. Akhirnya si Spun meleleh dalam waktu 1 jam sebelum sempet baking apapun. *manyun lagi*

Besoknya ngulang lagi bikin dengan takaran yang sama tapi menghilangkan cream of tar tar. Hasilnya juga tetep sama berambut. Tapi eh tapi.. pas saya ambil si rambut dan diaplikasiin ke atas banana cupcake, ternyata spun sugar nya lengket satu sama lain. Bentuknya jadi gak karuan. Belum lagi begonya saya taro itu spun diatas buttercream. Ya walhasil leleh dalam setengah jalan dipotret. *makin manyun* Harusnya si spun ini langsung saya bikin rambut diatas cupcakenya. Bukan diatas dua paralon seperti percobaan pertama. Tapi yasud lah kepalang lengket.

Oiya itu resep Banana Cake saya pake resep Banana Onbitjkoek yang pernah saya sharing disini. Resepnya dari Tabloid Koki.

Sip! Udah gak senapsaran lagi sama si Sepun. Next kalo ada waktu luang mau dicoba bikin Croquembouche. Biar dapur berantakan, tapi worth to try!



Mari kita salaman udah berhasil bikin Spun Sugar... eeeeeh itu ada karamel di rambut wattaaaw...




**Eeerr.. Jadi itu kegunaan cream of tar tar buat apa ya? *garuk garuk*







6 comments:

Caroline Atmadja said...

Pengalaman banyak ya Mir dari hasil bikin spun sugar ini... tapi tetep keren kok itu diaplikasikan di cupcake.

Ike Hermawan said...

Mir, hoyong ngaletak eta topingna, meni menggairahkan kitu...:D
iya COT ngaruhnya apa ya..? *bertanya lagi

Arfi Binsted said...

ceritanya seruuuuuuuuuuuuwww!!!

Elsye said...

huhuuyyy menggoda iman eta si spunnn :P cakeppp jadina !

Yuli Prionggo Digdo - BundaNadine said...

wahhhhh gondrongggg spun sugarnyaaa. sempet baca ada yg pake corn syrup segala .... males nyoba lagi males beberes lengketnya ... ntar nyoba lagi nunggu si mbak pulang ... hehehe.

MiNDY said...

emang bikin penasaran ya cint spun sugar indang. gw juga bikin ontbijkoek tapi tak berpisang dan gw jadiin petit four