Saturday, November 22, 2008

Soup Putih Telur ala Soup Kepiting Chinese


Suka oon deh.. Padahal suka banget bikin beginian. Tapi kenapa gue bisa lupa. Padahal masih punya putih telur di freezer sisa bikin Lapis Malang yang peot bin keriput. Kenapa nggak dari kemaren diolah jadi Soup Kepiting Bohongan kayak gini.. Uuuh gara-gara kecantol virus baking neeeh.. (pinjem istilah Mba Rachmah).

Plus masih ada juga sisa ayam cincang waktu bikin Soup Gyoza ala Teh Molly. Kulit Gyoza-nya ternyata sebungkus isinya dikit. Jadi ayam cincangnya masih nyisa. Diolah aja jadi beginian. Langsung habis disikat sama Abang.

SOUP PUTIH TELUR ala SOUP KEPITING CHINESE

Bahan :
2 buah jagung manis, serut/pipil
50 gr daging ayam cincang
2 putih telur --> saya kayaknya pake lebih banyak deh
1/2 butir bawang bombay cincang
1 butir bawang putih cincang
1 sdt merica bubuk -->tergantung selera, saya suka yang banyak mericanya
1/2 sdt pala bubuk
2 blok Maggi kaldu ayam
Garam dan gula pasir secukupnya
2 sdm margarin untuk menumis
1 liter air
1 sdm maizena / tapioka untuk mengentalkan

Kalau ada, tambahin 1 sdm minyak wijen dan 1/2 sdm kecap ikan biar tambah enak.

Cara Membuat :
- Dalam panci, masukkan margarin
- Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
- Tambahkan ayam cincang, aduk sampai berubah warna
- Masukkan jagung pipil, aduk rata
- Tambahkan air, masukkan semua bumbu
- Biarkan mendidih, lalu masukkan putih telur, kocok-kocok cepat agar putih telurnya menjadi lembaran halus kayak daging kepiting
- Beri maizena/tapioka yang sudah dilarutkan dengan sedikit air, aduk rata
- Angkat, hidangkan panas-panas

2 comments:

mae said...

wiiii... keliatan kyak daging kepiting beneran ya Mir, eh tp amis ga ? enak nih buat klo ujan2.. angeeet...

Mira Assjarif said...

Gak tuh.. Amisnya ketilep sama aroma merica dan pala. Apalagi kalo ditambahin minyak wijen. Sayang lagi kehabisan stok nih. Ayo Mae.. Bikin buat Tasya.. Rifa mah gak doyan.. Huh..