Wednesday, October 22, 2008

Dolma ala Ipoek (Turkey's Steamed Rice)




Sejak Adik ipar saya kembali dari Turki beberapa bulan yang lalu, dan juga sejak Wisata Kuliner di Trans TV beberapa kali menyajikan acara makan-makan di Turki, dan sejak kemarin nonton Travel & Living Channel, Chef'nya menyajikan berbagai menu khas Turki, akhirnya GUE BIKIN juga nih!

Yang satu ini termasuk yang paling simple. Namanya DOLMA. Dasarnya cuma nasi berbumbu yang ditambah beberapa dedaunan yang dimasukkan ke dalam sayuran, atau dibungkus dengan daun anggur. Dari beberapa artikel yang saya baca, Dolma yang dibungkus daun anggur rasanya kecut. Gak masuk deh sama lidah Indonesia. Iya lah.. Turki gitu lo. Negara penggila rasa asam dari Yoghurt.

Jadi ini lah Dolma versi saya. Dimasukkan ke dalam Tomat. Persis seperti yang saya lihat di Travel & Living. And guess what? It's damn delicious!

DOLMA ala IPOEK (as seen on Travel&Living channel)

Bahan :
2 cup beras, cuci bersih
150 gr daging cincang
Air untuk menanak
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk (saffron bubuk)
1/2 sdt kapulaga bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 cm jahe geprek
1 buah bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
1 batang seledri, cincang
1 batang daun bawah, cincang
5 buah tomat ukuran besar, belah 2, kerok isinya
5 buah isi tomat cincang halus
Minyak goreng untuk menumis (aslinya pakai minyak zaitun)

Cara Membuat :
- Tumis bawang bombay dan bawang putih dalam panci sampai harum
- Masukkan daging dan tomat cincang. Aduk sampai berubah warna.
- Tambahkan beras, aduk aduk sebentar sampai beras menyerap warna
- Tambahkan air, aduk
- Beri semua bumbu halus
- Masak sambil diaduk sebentar
- Tambahkan seledri dan daun bawang
- Tutup panci, tanak beras 10 menit sampai menjadi Nasi Aron.
- Setelah menjadi aron, dinginkan sebentar
- Isikan aron kedalam tomat yang sudah dikerok isinya
- Kukus sampai matang
- Sajikan panas

NB :
- Karena suami saya nggak begitu doyan sayuran, jadi yang pakai tomat cuma beberapa. Sisanya saya tanak biasa aja.
- Selain tomat, bisa juga dimasukkan ke dalam terong ungu yang sudah dikerok isinya.

No comments: