Friday, July 2, 2010

Orange Cup Cake

Wattaaaaaw... Blog ini terbengkalai... Cucian nian..

Mangap ya 'mblog..

Lagi sibuk-sibuknya sama Rifa Cakes. Alhamdulilah udah mulai banyak menerima kepercayaan orang. Gak gampang lo jadi Bakul Kue. Tanggung jawabnya tinggi dan butuh komitmen. Gimana enggak.. Kita kudu rela berbagi waktu, bergadang, dan menyisihkan banyak tenaga, pikiran, dan uang yang gak sedikit untuk memulai bisnis ini. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar terus ke arah yang lebih baik. :))

Kemaren akhir Juni sempet ada hari ter"riweuh" dimana saya kudu ngerjain 4 cake dalam 2 hari. Buat Bakul Kue pemula kayak saya, hal tersebut lumayan bikin senewen. Apalagi saya gak punya pembantu. Sebenernya jadi banyak yang harus dikerjakan dalam waktu yang sedikit itu karena ada perubahan jadwal mendadak dari Customer. Akhirnya numpuk deh 4 cake dalam 2 hari.. Alhamdulilah semua berjalan lancar...

Fotonya cuma 3 cake. Yang satu lagi udah di delivery pagi-pagi.. hiihihihihihi....

Untungnyaaa punya orang tua yang supeeerrrr baik.. Terutama supeeeer baik sama Cucu. Selama ngerjain cake, Rifa nginep di rumah Kakek - Neneknya. Saking udah keenakan disana, Rifa mpe gamau pulang. Dalam sebulan, paling cuma 3-5 hari doang Rifa di rumah. Sisanya nginep di Kakek - Neneknya. Hohohohoho..


-----------------------------

Truing...


Sampai lupa ada satu resep yang belum saya sharing. Ini enak banget! Sumpah gak boong. Bikinnya juga gampil maning. Resepnya dapet dari Mba Ienas Tsuroiya. Katanya resep aslinya ini namanya Lady Baltimore Cake. Dapet dari buku jadoel waktu belio masih tinggal di Boston. Buat cemilan ringan, cup cake ini bisa jadi pilihan. Buat jualan apalagi.. Enak dan murah di bahan. :)

Orange Cupcake

ORANGE CUPCAKE



Bahan:
2 1/2 cup terigu --> kira-kira 280 gr terigu protein rendah
2 1/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
4 butir telur
1 1/2 cup gula pasir --> saya cuma pake 250 gr
1 cup minyak sayur--> kira-kira 240 ml minyak
1 cup jus jeruk segar --> kira-kira 240 ml jus jeruk segar -(kalo gak ada jeruk, saya suka pake Sunquick+air, dengan mengurangi takaran gula)

Cara Membuat:

  • Panaskan oven dengan suhu 180'C. Siapkan loyang muffin yang telah dialasi kertas cupcake.
  • Campurkan terigu, baking powder dan garam. Ayak, sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir hingga tercampur rata, masukkan minyak dan jus jeruk. Kocok dengan kecepatan rendah hingga halus. Masukkan campuran terigu, kocok lagi hingga tercampur rata.
  • Sendokkan adonan ke dalam loyang, setengah penuh saja.
  • Oven selama 15-20 menit atau hingga matang (tes dengan menusukkan tusuk gigi, jika gak ada adonan nempel berarti sudah matang).
  • Dinginkan
  • Hias dengan buttercream atau taburin keju atau biarin polos juga wenaaak.. :))

1 comment:

sofiya said...

mbak....boleh dicontek ya resepnya....
mbak,kalo mau pake loyang,ukuran berapa ya?