Friday, February 20, 2009

ROTI SISIR

Akhirnya kesampaian juga bikin roti sisir dengan segala kenekatan yang ada. Abis begitu liat resepnya di Tabloid Koki, mata ini langsung berbinar-binar buas.. Gimana enggak, Roti Sisir adalah jajanan favorit saya waktu masih ingusan dan hitam legam karena terlalu getol latihan Marching Band dan rajin ikut pelantikan 3 tingkat Penggalang di Pramuka.

Di kantin SD & SMP saya dulu, roti ini biasanya dijual per plastik isinya 2 tangkap. Warnanya kekuningan. Pastinya karena dikasih pewarna dong. Tapi mana peduli karena rasanya enak, empuk dan ngenyangin.

Karena sekarang udah mulai pintar (bletaak!), udah tahu kalo pewarna makanan itu gak baik buat kesetanan.. eh, kesehatan, jadinya bikin yang polos bae. Dan rasanya emang nyaris mirip sama yang dulu saya suka beli. Tapi lebih legit karena pake susu-nya seabreg.

Bikin yu.. Sekalian buat melampiaskan semua kesel dan bosan di dapur. Ciaaaaaaaaaaaaatt!!

ROTI SISIR (1/4 resep)
Source : Tabloid Koki

Bahan :
250 gr terigu cakra
7 gr ragi instant
40 gr gula pasir
25 gr susu bubuk full cream
1 buah kuning telur
125 ml air dingin --> saya pake air suhu ruang
45 gr mentega --> pakai mentega putih
1/2 sdt garam
Susu evaporated secukupnya untuk olesan --> pake susu UHT biasa

Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kering, aduk rata
  • Masukkan telur dan air dingin secara bertahap. Uleni adonan sampai kalis.
  • Masukkan mentega dan garam. Uleni adonan sampai elastis (kurang lebih 10-15 menit).
  • Tutup dan diamkan adonan selama 30 menit sampai mengembang 2 kali lipat.
  • Kempiskan adonan. Potong, lalu timbang masing-masing seberat 75 gr
  • Bulatkan adonan, diamkan kembali selama 10 menit
  • Pipihkan adonan, bentuk adonan ovel memanjang.
  • Olesi satu sisi adonan dengan bahan olesan filling. Tumpuk dengan adonan lain. Ulangi sampai adonan bisa memenuhi loyang.
  • Masukkan ke dalam loyang loaf ukuran 20X10X7 cm yang sudah diolesi margarin. Diamkan lagi selama 60-90 menit sampai mengembang.
  • Olesi permukannya dengan susu evaporated. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 30 menit.
  • Angkat, dinginkan, baru keluarkan dari cetakan.

Olesan Filling :
25 gr margarin
25 gr unsalted butter --> pakai mentega putih
25 gr gula halus
15 ml susu kental manis putih
  • Kocok semua bahan filling sampai ringan dan fluffy. Siap digunakan untik bahan olesan.

Notes :

  • Cukup untuk membuat 2 buah roti sisir dengan loyang loaf ukuran diatas.
  • Kalau ingin membuat yang rasa orange, filling ditambahkan dengan 1/2 sdt parutan kuilt jeruk lemon dan sedikit pewarna orange.

14 comments:

Ike Hermawan said...

katingali na gampang nyaaa...Mira teaaaa atuh...
tapi teknik nyisirna..masih blm konek euy...maklum keur lieur meren...:))

Kedai Rachmah said...

* ternyata Mira rajin menyisirrr....

Mira Assjarif said...

Jadi setelah adonan dipipihkan terus diolesi sama bahan filling, lalu ditumpuk sama adonan lain. Setelah itu tumpukannya baru dimasukkan ke loyang. Kalo untuk loyang ukuran yang Mira pake, cuma cukup untuk 4 sisir. Banyaknya sisir tergantung sama lebar loyang, Teh. :)


Oh tentunya daku rajeeen sekali menyisir Mba Rachmah. Menyisir swalayan dan pasar tradisional buat nyari yang aneh-aneh buat korban digarap di Dapur. Hiyahahahaha..

Rurie said...

OMG ini mah sukaan gw juga Mir.....tapi btw disini pan ga ada susu bubuk yah, kecuali susu bubuk u bayi (gini deh negara penghasil susu, orang sini sukanya minum susu segar aja). Lalu aku ganti apaan donk itu susu bubuk?? :s

damay said...

Asyyiiiikkk, TFS ya say...gw juga demeeen banget beginian, kalo ke Bandung pasti nyari jajanan ini di toko kue. yummm....!!!

Mira Assjarif said...

Gakpapa susu bubuk bisa diskip, Rur. Atau airnya diganti pake susu cair dingin. :)

Iya kaaaaaaaaaan... Enak banget roti ini, Maaaay! Tapi sekarang udah susah nyarinya. Duh itu menul-menul empuknya bikin ketagihaaan..

rita bellnad said...

wadaww... mir ini namanya ulam dicinta... sisirpun tiba.... xixixi... kapan hari kepasar ada bau-bau wangi yg ngingetin aku ma baunya roti sisir...seketika itu juga(ala yus badudu) aku nyidam sisir yg bisa dimakan ini... aku copy resep ini ye

Anonymous said...

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

belajar internet marketing

internet marketing

bisnis internet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

Meina said...

Mbak Ipoek...salam kenal..
Lagi blogwalking kesini, ehh...nemu jajanan favorit masa kecil. Kayaknya jaman dulu enaakkk banget..tapi sekarang udah gak seenak dulu. Ijin copas boleh mbak? pengen bikin sendiri neh... Thx a lot

Meina said...

Mbak Ipoek...salam kenal..
Lagi blogwalking kesini, ehh...nemu jajanan favorit masa kecil. Kayaknya jaman dulu enaakkk banget..tapi sekarang udah gak seenak dulu. Ijin copas boleh mbak? pengen bikin sendiri neh... Thx a lot

khonmanrak said...

Thank for sharing.
เสื้อบอล | มะนาว | สุนัข | ภาพเคลื่อนไหว | เครื่องสำอาง | Printable Checkbook Register | Foreclosure Process | Waterpik Ultra Water Flosser | Cheap vacuum | Best Vacuums For Pet Hair

pulzzahut said...

wow mantap resep resep nya , bikin ngidam...

foto prewedding unik said...

foto prewedding

pra wedding foto

fotografer jakarta

foto event

roti sisir said...

nikmat banget makan roti sisir, dari jaman sd waktu tahun 1982 an masih eksis sampe sakarang, memang top markotop.

ijin copy resepnya sis

oh ya ada lomba bikin resep roti sisir nih, coba yuk LOMBA RESEP ROTI SISIR