Saturday, May 30, 2009

KBB#11 ONBITJKOEK



Ini pertama kalinya resep tantangan KBB dijajal sampe 4 kali dalam kurun waktu 10 hari! Widiiiw... Emang mantep banget deh Klub Berani Baking -ku.

Pertama kali tau Kue Onbitjkoek waktu beli di Kartika Sari pas jaman saya kuliah. Waktu itu Mama-ku yang beli. Setelah saya cobain, langsung sukaaa... Teksturnya yang ringan dibumbui rempah yang legit bikin kue ini cocok banget untuk menemani acara minum teh.

Tapi biarpun suka banget sama kue ini, belum pernah sekalipun nyobain bikin. Sampe akhirnya Surat Cinta KBB datang dengen resep Onbitjkoek di dalamnya.. Daaan sukseslah diriku ketagihan untuk bikin lagi dan lagi.. :D

Pembuatan yang pertama langsung berhasil dengan mulus. Alhamdulilah.. Hanya saja ada satu rempah yang tidak dimasukkan karena tidak punya, yaitu cengkeh. Pengocokan telur dilakukan sampai benar-benar kental, tebal dan berjejak. Sempet agak was was waktu mencampurkan ayakan terigu dan rempah ke dalam kocokan telur karena adonan terlihat seperti tidak teraduk rata. Tapi ternyata setelah dipanggang, kue ini mengembang dengan bagus dan rapih.

Pembuatan yang ke 3 dan ke 4 kali, saya coba nambahin sekitar 2 sdm minyak goreng setelah terigu dicampurkan ke dalam adonan. Hasilnya kue memang jadi lebih lembut dan gak begitu seret, tapi gak begitu mencolok sih perbedaannya.

Untuk topping.. Walo udah pernah nyobain ditaburin pake kenari, tapi saya tetep jatuh hati sama parutan keju cheddar. Yummy... Dan karena nggak punya loyang oval, kue saya panggang pake loyang muffin.



ONBITJKOEK

Sumber : Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007
Bahan :
5 kuning telur
3 putih telur
125 gr gula palem
125 gr tepung terigu
1 sdt peres kayu manis bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt cengkeh bubuk
50 gr irisan kenari untuk toping --> saya pakai keju parut



Cara Membuat :

  • Olesi loyang yang akan digunakkan dengan margarin, taburi tepung terigu.
  • Panaskan oven suhu 160-170'C.
  • Ayak terigu dengan semua rempah bubuk.
  • Kocok telur dengan gula palem sampai mengembang, kental dan berjejak.
  • Masukkan ayakan tepung dan rempah sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
  • Tuang ke dalam loyang. Pangang setengah matang.
  • Keluarkan, taburi dengan kenari cincang atau keju parut --> saya langsung menaburkan keju parut sebelum adonan dipanggang.
  • Panggang sampai matang kira-kira 25-45 menit --> tergantung jenis loyang dan oven yang digunakkan.



Kue ini terbilang sangat mudah dengan hasil akhirnya juga cukup memuaskan. Makanya saya ketagihan buat bikin lagi dan lagi. Thanks a lot KBB yang selalu punya resep-resep oke buat dijajal para member-nya.

10 comments:

tita said...

kalo pake gula palem asa kurang mantap warnanya ya... bagusan n enakkan pake gula merah saya mah mir! saya juga mau coba resep yang ini ah ... biasanya saya pake 8 telur (4 putihnya dibuang) n 200 terigu, gula merah (150gr) + gula pasir (2 sdm), kayu manis. Btw saya susah nemu bumbu spekoek, padahal mah dulu bumbu spekoek harus ada di dapur karena kita semua doyan bolu gula beureum ini walopun tanpa kenari. Hmm wanginya itu ... mana tahan!

Rita Sella said...

mir... klo dicetak kecil gitu lebih enak ya...beda bow hasilnya klo di cetak di loaf pan, ancur... crumbly.

Sofie said...

duuh... pengen nyobain yang pake topping keju :P. Ngacay euy..

Angela Mulianie / Lia said...

Logonya masih nempel yg kekecilan itu ya mbak? sorry dory ya. Logo lulus dah aq kirim ulang yang gedean dikit size nya. coba dech dicek lagi.
^_^

Ely said...

pengen nyoba juga ah yang pake keju... :)

Syanti Dewi said...

enakk... cakep ya Mir kalo kecil2 gitu jadinya ga usah di potong :)

Inev said...

uluh... ngegemesin pisan bulet2 gini ya mir... bikin lagi ahh...

Ike Hermawan said...

comot dong...ko ga bisa nyomot ya....:))

Mira G. Lestari said...

Teh Tita : iya pengen nyobain juga pake gula merah. Tapi takut euy.. Soalnya pernah waktu itu bikin kue pake gula merah pas dikocok malah ada jadi cair gitu.. :D

Mba Rita : setojoooo... lucu ya jadi gampang mateng dan lebih imut.

Teh Sofie : enak pake keju.. itu yang difoto yang kejunya dikit. Padahal ada yang bikin pinuuuh ku keju tapi gak kefoto. :D

Mba Lia : iya aku udah terima yang gedenya tapi belum sempet diedit. Thanks yah udah jadi Host bulan ini. :)

Mba Ely : iya cobain. Enak Mba legit.. :)

Teh Syanti : iya enakan gini tinggal blem.. :D

Teh Ine: hihihi buleud kayak yang bikin.. :D

Teh Ike : ah saya mah nungguin Teh Ike mudik weh.. Mau diasongkeun dua loyang pinuh ku Onbitjkoek.. :)

ekawidiyati said...

ijin copas yang ini ya Mir...
kemarin dapat loyang oval tanggung...
makasih...