Tuesday, February 3, 2009

TULANG JAMBAL PEDAS

Hari ini KESEEEL gara-gara HP modar keompolin sama Rifa pas tidur siang. Uuurgh.. Mana HP kesayangan. Barang antik yang udah dipiara selama 3 tahun, akhirnya wafat di genangan ompol Rifa. *terisak-isak sambil ngegigitin ujung selimut di pojokan kamar.. T_T

******

Daripada kesel terus, mendingan bikin ini. Biar mengkelnya ilang sama rasa pedes.

Photobucket

Masakan ini lagi happening di Bandung. Namanya TULANG JAMBAL. Sempet diliput TV dan kebanyakan temen-temen saya udah pada nyobain.

Penasaran kayak apa rasanya, kemarin saya mampir buat beli. Ternyata yang jualan anak muda semua. Dandanan funkeh dengan potongan rambut yang miring sini miring sana, dan celana skinny ketat ala The Changcuters. Satu porsi Tulang Jambal harganya 9500. Saya bawa pulang soalnya waktu itu gak bareng suami.

Nyampe rumah gasabar banget pengen buru-buru nyicipin. Dan begitu masuk ke mulut, yang pertama kerasa adalah ASIIIIN. Sempet mikir apa jambalnya gak direndem dulu biar gak terlalu asin gitu. Tapi kemudian rasa asin terkalahkan sama rasa PEDEEEES. Gila deh pedesnya. Kalo boleh saya kategorikan pedesnya termasuk SETAAAN! Suami saya yang biasanya tahan makan pedes aja nyerah dan langsung minum KINCA DURIAN yang masih nyisa di kulkas 2 gelas sekaligus!! Wakakakakakaka..

Tapi biar pedesnya ajegile setan iblis dedemit kuntilanak, tapi ternyata bisa juga bikin ketagihan. Buktinya pas ngeliat ada tulang jambal di Warung Sayur belakang kompleks, saya langsung niat buat bikin sendiri Tulang Jambal versi saya.

Rasanya.. Manteeeb.. Soalnya saya tambahin daun kemangi buat ngilangin anyir dari Jambal. Yang dijual itu anyir banget deh baunya. Dan rasa pedesnya tentunya disesuaikan dengan lidah. Walaupun sebenernya pengen pedes banget, tapi kasian Suami tar kebakaran lagi soalnya Kinca Duriannya udah abis. :D

TULANG JAMBAL PEDAS

Bahan :
1 bungkus TULANG JAMBAL ROTI --> kira-kira 500 gr
2 tangkai kemangi, siangi
1 buah tomat, potong-potong
5 buah cabai rawit merah utuh
Air secukupnya
Garam, gula pasir secukupnya
Gula merah sedikit just to taste (ikutan gaya Farah Quinn :P)

Tumbuk kasar :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 buah cabe merah keriting --> tergantung selera
5 buah cabe rawit merah --> tergantung selera
Jahe sedikit saja
1/2 ruas jari lengkuas--> memarkan
2 tangkai serai, memarkan

Cara Membuat :
  • Rendam tulang jambal roti dalam air panas selama kurang lebih 20 menit, tiriskan
  • Tumbuk semua bumbu kasar saja.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu tumbuk, lengkuas dan batang serai sampai harum
  • Masukkan tulang jambal, aduk sebentar
  • Tambahkan air sampai semua tulang jambal terendam
  • Beri bumbu garam, gula pasir, dan gula jawa
  • Tambahkan potongan tomat, kemangi, dan cabe rawit utuh
  • Masak dengan api sedang sampai air agak menyusut
  • Sajikan panas

Photobucket

Oiya masakan ini sebenernya ngolah limbah. Wong tulang jambal dagingnya dikit. Jadi yang ada kita makan sambil isep-sep, cungkil-cungkil, peletek-peletek sana sini kayak makan kepiting. Ati-ati ya soalnya durinya tajem.

Aneh-aneh aja ya.. Masakan beginian bisa jadi happening di Bandung. Laku keras malah.. Ck ck ck..

6 comments:

Ike Hermawan said...

O,ya?lagi ngetrend di bdg?ck ck ck...aya2 wae nya bdg, tulang aja jadi duit...tapi emang ngiler, komo poto na bagusssss...ntar ah bikin tp ga tulang pake daging banyakan...he he...tulang wungkul menyiksa diri, jaba kudu pake tgn, bau jambal kan lengket, slruuuup..kabita euyyy...

Nazla said...

ya amplop, komen gw kemaren ga muncul.

ternyata biar ga anyir make kemangi toh. gw sebel banget ama jambal roti, abis bau, padahal laki gw doyan banget.

ngomong2 soal setan, udah nyobain oseng2 mercon? yg deket jalan jawa tea. buset aje gile, bukan cuma setan pedesnya tapi juga dedemit genderuwo!

Mira Assjarif said...

Iya Teh.. Aneh Mira mah.. Rame terus tempatnya. Mira kesana pagi-pagi pas baru buka aja udah banyak yang datang. Dan bener bau anyir banget. Makanya Mira bikin pake kemangi.

Eh ada toh oseng-oseng mercon di Bandung. Jalan Jawa ya.. Cing urang satronin ntar.. Soal masakan pedes mah kadieu lah. :D

ik said...

mir, belinya dimana?

kemaren nyobain tulang jambal di grobak bandung giant pasteur rasanya gak sepedes yg dibayangin..
kabita nu pedesna siga jurig:)

Anonymous said...

gak doyan pedes :( jadi bisa kan gak pake cabenya?? mau menikmati sedapnya jambal roti =) trims buat resepnya

ditafisip said...

Boleh d coba resep'a??kayanya maaaantaaaptuuuh,hehe . .