Friday, March 20, 2009

Cake Pandan with Minted Syrup

Inilah hasil gubahan Cake Pandan Vla Pandan-nya NCC.
Di Dapur Ipoek menjelma menjadi seperti inih :



Hiyahahahahahah.. Penonton kuciwaaa...

Kalo dibandingin penampilan-nya sama yang di website NCC, memang bagaikan langit dan bumi. Sumpah deh frustasi ngedekor beginian. Mati gaya mulu. Mana cuaca lagi puanaaas, yang ada ganache-nya lembek dan jelek waktu dispuit. Akhirnya didempul ulang dan dipurulukan meises warna-warni. Teu kreatiiip.. Pasrah kok kalo ditereakin "wooooooooooouu........!"

Sebenernya udah lama ngecengin resep NCC yang ini. Ngeliat foto penampakan cake-nya sukses bikin eike ngeceeesss.... cesss.. Daan.. Hari ini akhirnya kesampean bikin. Sekaligus sebagai syukuran kecil karena putriku sudah sembuh. Sudah mulai bersahabat dengan nebulizer-nya, sudah mau makan banyak, makin tambah pinter, tambah cantik, makin bawel, dan makin makin aja deh Mama sayang sama kamu, Nak..


Yang ngebedain Cake ini dengan Cake Panda Vla Pandan-nya NCC, filling cakenya nggak pake vla. Tapi pake Whipped Cream yang dikasih pasta pandan. Whipped Cream-nya kebeneran lagi nyoba Vivo. Ternyata cenderung terlalu ringan, jadi tambahin icing sugar agar lebih kaku.

Untuk topping, saya pake Ganache dari White Cooking Chocolate yang diberi pasta pandan. Rasanya enak bangeet..

Dan satu yang bikin cake ini tambah mantap karena dibasahi dengan Minted Simple Syrup seperti yang disarankan NCC. Dibuat dari Simple Syrup biasa yang ditambah sedikit essence mint. Wah rasanya pas banget dipadu sama pandan. Favorit banget deh cake ini..

CAKE PANDAN with MINTED SYRUP
Original recipe : Cake Pandan Vla Pandan - NCC Indonesia

Bahan Cake :
3 butir telur utuh
100 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier (TBM/SP/Ovalet)
1/2 sdt vanilli
90 gr terigu, ayak
1/2 sdt pasta pandan
50 gr margarin/butter dicairkan --> pake minyak goreng

  • Olesi 2 buah loyang diameter 16 cm dengan margarin, alasi kertas roti atau taburi tepung terigu.
  • Panaskan oven suhu 170'C
  • Kocok telur, gula, emulsifier, dan vanilli sampai mengembang, kental dan putih.
  • Masukkan terigu ayak sedikit demi sedikit, aduk rata.
  • Masukkan pasta pandan dan margarin cair, aduk lipat balik sampai rata.
  • Tuang ke dalam dua buah loyang, panggang dalam oven selama 25 menit atau sampai matang.
  • Keluarkan, dinginkan. Belah masing-masing cake menjadi dua.

Minted Simple Syrup :
75 gr gula pasir
75 ml air
1-2 tetes mint essence
  • Masak gula dan air hingga gula larut. Dinginkan, baru tambahkan mint essence

Filling :
200 ml Whipped Cream --> pakai Vivo
3 sdm icing sugar
1/2 sdt pasta pandan

  • Kocok whipped cream dan icing sugar sampai kaku. Lalu tambahkan pasta pandan, kocok kembali sampai tercampur rata.
  • Notes : Vivo ini dasarnya sudah manis jadi tidak perlu ditambahkan banyak gula.

Ganache Pandan :
150 gr White Cooking Chocolate
150 ml Whipped Cream kocok kaku
1/4 sdt pasta pandan

Tim WCC hingga cair. Dinginkan sebentar. Baru masukkan ke dalam whipped cream yang sudah dikocok kaku. Kocok kembali sampai tercampur rata. Beri pasta pandan, kocok kembali sampai menyatu.


Penyelesaian :

  • Basahi tiap permukaan cake dengan minted simple syrup.
  • Olesi satu buah cake dengan bahan filling, tutup dengan cake lainnya. Lakukan sampai cake habis.
  • Olesi seluruh permukaan cake dengan ganache pandan. Hias sesuai selera.


Cake ini highly recommended, specially buat yang gak suka cokelat. Rasa pandan dipadu sama mint bener-bener jadi perpaduan yang unik dan enak. :)

6 comments:

Ike Hermawan said...

mantaaaapppp...suka foto yg terakhirrrr....netes2 neeeeehhh...:(

Mira Assjarif said...

Hiks.. Mira mah malah gak ada yang suka sama fotonya. Payah sepayah-payahnya.. :(

Bikin Teh.. Duh ni cake enak bangeed..

turi said...

aduh cakenya beneran bikin ngiler nih Mbak. kayaknya harus coba. btw peppermint essencenya pake apa ya? maklum pemula nih.

Mira Assjarif said...

@Turi : saya pake DIVA Mbak.. Tapi sedikit aja ya soalnya kuat banget rasa mint-nya. Paling setets juga udah cukup karena hanya untuk flavoring.

Anonymous said...

wah sip bgt resepnya mbak.... pandannya pke pewarna apa mbak?

mampir jg ya ke www.momsandlovelykids.blogspot.com
www.bajuanakgrosirmurah.com

Anonymous said...

Mbak cake ini kl uda jadi simpan nya di ruangan or harus di kulkas?
thanks by.yuli