Friday, November 28, 2008

Wheel Cookies


Apa Donut Cookies yah? Soalnya dicetaknya pake cetakan donat saking udah mati ide dan mati gaya. Tapi nampak bosen sama kata donat.. Hihihihi..

Cookies ini dibikin spontan. Sebenernya wujud sukacita setelah denger sebuah berita gembira via telepon dari Abang. Yipiiie..



Resepnya dari Tabloid Nova edisi Kue Lebaran 2008. Ada resep Glazur Cookies. Tapi gue rubah jadi rasa coklat. Seperti biasa cuma 1/2 resep, tapi udah bisa bikin sekitar 14 wheels diameter 10 cm.

Dekor supeeer minimalis karena plastik segitiga tinggal 2 biji. Plus emang kagak kreatif dan banyak gangguan dari si Neneng.

WHEEL COOKIES


Bahan :
120 gr margarin
120 gr gula halus -->aslinya 150 gr
1/2 sdt vanilli
1 kuning telur
150 gr terigu
30 gr maizena
15 gr susu bubuk Full Cream (pake rasa Coklat)
15 gr cocoa powder (pake yang dark)

Cara Membuat ;
- Kocok margarin dan gula halus sampai lembut (sebentar saja)
- Masukkan telur dan vanilli, kocok sampai tercampur rata
- Masukkan terigu, maizena, cocoa powder, dan susu bubuk dengan cara diayak
- Kocok dengan kecepatan paling rendah --> gue sampai berbutir-butir besar
- Bulatkan, simpan di kulkas 15 menit
- Keluarkan, gilas 1/2 cm, cetak bundar menggunakan cetakan donat
- Panggang suhu 160'C selama 20 menit
- Keluarkan dan dinginkan

Glazur / Royal Icing :
1 butir putih telur
150 gr gula halus
1/4 sdt cream of tar tar
1/2 sdt air jeruk lemon
Pewarna makanan sesuai selera

Kocok semua bahan glazur sampai rata dan halus. Bagi menjadi beberapa bagian dari beri pewarna. Masukkan kedalam plastik segitiga, gunakan segera.

Penyelesaian :
Hias Cookie dengan Glazur, lalu panggang kembali dengan api kecil sekitar 5-10 menit. Angkat, dinginkan di rak, lalu simpan dalam toples tertutup.

Oya mangganggnya jangan kelamaan dan apinya jangan kebesaran. Nanti glazurnya pecah kayak gini :


Daaan.. Si Ipoek membuat kebodohan lagi. Karena waktu akan dimasukin ke toples, cookies-nya kagak muat. Hihihihi.. Suangaaaat bodoooh..

6 comments:

Ike Hermawan said...

Wakkakakk..sini kukis nya lempar sini..banyak toples gede nganggur disini...
btw seneng nu giung-giung neneng,,,

Mira Assjarif said...

Iya nih Teh lagi pengen nu amis-amis. Sugar high wae euuuy..

Sini atuh pinjem toplesna. :))

mae said...

ayo ayo ayo ! *nyorakin apaan sih ?* go Mira go *ga nyambung*

gw minta toplesnya Mir, eh Kukisnyaaaa...retak jg gapapa :)

Mira Assjarif said...

Mae.. Hiks.. Pingin bikin kukis lucu kayak punya elu itu tapi emang gue mah kagak kreatiiip. Kagak mau susah. :((

nazla said...

wakakakakak...potong dua aja, yg simetris

Mira Assjarif said...

Mun dipotong 2 mah lain oge Wheel Cookies ngarana, Lu. Hohohohoho...