Friday, January 22, 2010

Kari Kembung ala Dapur Ipoek (Indonesian Fish Curry)

Ikan kembung favorit banget dah.. Murah, enak, ngolahnya cepet. Rifa kalo disuapin pake kembung goreng bisa abis 2 ekor plus 1 piring nasi panas. Bumbunya cuma garem, jeruk nipis, sama kunyit bubuk. Diemin di kulkas mpe meresap trus goreng sampe renyah.

Nah.. kalo udah masuk ke selera lidah bapaknya, kembung goreng bisa diolah lagi jadi kari atau kare. Bumbu kare bubuk banyak dijual. Tinggal ditambahin sama bumbu ulek. Biar afdol (apdol versi bapana), ditambahin pete alias peuteuy tentunyah... iyuch... Untung udah banyak dijual pete kupas. Kalo gak males buanget kudu ngupasin pete atu-atu. Udah bau, trus kudu berurusan ma ulet pete yang gendut-gendut jijay.. weeeks... nehi.
 























KARI IKAN KEMBUNG

Bahan :
8-10 ekor ikan kembung ukuran sedang, lumuri air jeruk nipis dan garam, lalu goreng sampai garing.

Bumbu yang dihaluskan :
1 sdm bubuk kare siap pakai
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabe merah
6 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit

2 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun salam
1 batang serai, tumbuk
500 ml santan
Garam, merica, gula pasir

Petai kupas secukupnya
Cabe rawit merah utuh secukupnya

Minyak untuk menumis

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum. 
  • Masukkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk
  • Beri garam, merica, dan gula pasir. Biarkan sampai mendidih
  • Masukkan petai dan cabe rawit merah. Biarkan mendidih dengan api kecil.
  • Cicipi rasanya, kalo sudah cukup dan kuah agak mengental, masukkan ikan kembung.
  • Masak dengan api kecil sampai kuah sedikit menyusut.
  • Angkat, sajikan.

3 comments:

Rachmah Setyawati said...

Lihat postingan ini, jadi teringat udah lama tidak mengkonsumsi ikan kembung. Dulu wkt Putri msh TK aku sering banget masak ikan ini...

Roossy Tirta said...

pengen euy...ngan ikan kembung nyari disini hese Mir..

Mira Assjarif said...

Mba R, tau nih kembung sama deles tuh ikan favorit tukang sayur. Sekali-kali bawa salmon atau ikan dori gitu yak... :D

Teh Roos, hehehehe.. tar pulang ke Bandung jangan lupa beli ke tukang sayur. :D