Monday, November 30, 2009

KBB#14 : White Bread using Baker's Precentage




Baker's Percentage pada dasarnya adalah acuan untuk kita memperhitungkan berat dari masing-masing bahan baking yang akan digunakan untuk membuat roti. Acuan ini sangat berguna untuk menyesuaikan banyaknya roti yang akan kita buat sesuai dengan kebutuhan. Untuk mempelajari lebih lengkap, silahkan baca DISINI.

So here's the trick :

Ingredients - Baker’s Percentage
I used 300 gr flour (200 gr flour and 100 gr tang mien/wheat starch).

Bread flour - 100 --> 300 gr
Salt - 1.8 ---> 5.4 gr
Granulated sugar - 7.7 --> 23.1 gr
Powdered milk (Dried Milk Solid) - 6.2 --> 18.6 gr
Instant yeast - 1 --> 3 gr
Egg, slightly beaten at room temperature - 7.7 --> 23.1 gr
Butter, room temperature - 7.7 --> 23.1 gr
Water - 62.8 --> 188.4 gr


Step 1  :
 


 Step 2 :




Step 3 :



*Untuk olesan atas saya pake putih telur yang dicampur dengan 1 sdm cream


And the final result : Chocolate Chips White Bread



Roti Sobek isi Keju & Coklat




And I made this badge for KBB#14... :)








18 comments:

Dapur Bia said...

Mira...engke bade di susul rotina ka Bandungnya..!

Mira Assjarif said...

hahahahahaha.. Mangga Teh Bia diantos. :D :D

mae said...

well done Mir !! pengen sepotooooong ajah :D

molly said...

sukseeesss banget Mir rotinya.. keren...

Mira Assjarif said...

Mae, thank you say. Punya lu juga keren buanget.. :)

Teh Imol.. pengen bikin lagi tapi hoream nguleninnya euuuy... :D

annie said...

meuni sukses ngacay ningal rotina sukses teh

Ine Sena said...

prikitiwwww....
mira mah emang kreatif pisan euy... :)

Mira Assjarif said...

Teh Annie, hihihiii... Nu kagungan Teteh oge meni sekseh.. :D

Teh Ine, ah sok kitu geura. Padahal punyanya lebih ciamik.. :)

Rachmah Setyawati said...

ini sih emang member paling rajin di KBB. Semangatnya tak pernah padam (ceileee) !

great job Mira !

Ema said...

keren mir..., jd pengen nyomot juga..hehehe

amel said...

bravo mir keliatan lembut rotinya , pengen nyoba juga bahannya cuman sedikit yah , tapi udah ngeper duluan kalau sama yg nama nya bikin roti udah nyoba berkali kali nggak ada yg berhasil satupun

Ike Hermawan said...

ihhhh kereeeeeeeeeeeennnnnn!! salut buat ngulen roti na, rajiiiinnn pisannnn..) welldone!

Mira Assjarif said...

Mba R.. hiyaah gak kebolak nih sama Kedai Rachmah yang selalu ciamik ngerjain tantangan? Hihihihi.. Suwun yo Mba.

Mba Ema, aku penggemar berat foto-fotomuuuuuu... *teu nyambung.. :D

Amel, yang penting lu ngulenin sampe bener-bener elastis Mel. Emang lama dan pegel. Tapi itu salah satu kunci roti bisa ngembang bagus dan empuk. Cobain lagi yuu..

Teh Ike... pegel euy. Sigana nganggo Akang Bredmeker mah tiasa disambi creambath. :D

Sofie said...

pake tang mien efeknya jadi gimana Mir?
btw, itu lucu juga yah pake loyang tulban gitu.. merekaaahh..

Arfi Binsted said...

yuhuuuuuu!! sama ma aku, isinya coklaaaaat hehehe... kemaren jg aku bikin isi selai tp kok ga bisa rapat ya kayak punyanya Rachmah. ntar coba lg ahhhh... good job!

Mira Assjarif said...

Teh Sofie, jadi lembut banget. Seratnya halus dan lebih gampang ngembangnya. Pengalaman Mira mah kitu kalo bikin donat atau roti pake tang mien. :)

Mba Arfi, belum nyoba pake selai soalnya Suami sama anakku gak doyan. Tar eike sendiri yang ngabisin.. Olala apa kabar diet yak.. :D

tie said...

hebaattt , rapih n sukses tuh roti.... pengen nyomot mir :)

Piska Aprilia said...

tepung kanji yang dipake merk apa yah?