Saturday, May 16, 2009

(another) Puff Pastry Recipe

Menurut saya ini adalah resep yang paling gampang untuk membuat Puff Pastry. Resepnya saya dapatkan dari buku yang disusun Yeni Ismayani (Tips Anti Gagal Membuat Kue).

Dari pengalaman menjajal beberapa resep Puff Pastry, sekaligus membandingkan hasil akhir dari penggunaan 3 jenis lemak, Pastry Fat atau Korsvet memang lebih menunjang keberhasilan pembuatan Puff Pastry. Kenapa? Karena Pastry Fat memiliki tekstur yang cenderung liat dan tidak gampang meleleh seperti butter. Tekstur ini membuat dia mudah menyatu dengan adonan terigu sehingga bisa meminimalkan kebocoran saat tahap penggilasan.

Faktor kedua adalah penggunaan terigu. Resep yang menggunakan terigu protein tinggi bisa menghasilkan adonan yang lebih kokoh, elastis, dan tidak gampang robek. Dan ini terbukti ketika saya membuat sendiri Puff Pastry menggunakan terigu protein tinggi, hasilnya memang lebih bagus. Persis kayak adonan Puff Pastry yang dijual di swalayan.



Here's the recipe..

PUFF PASTRY
Source : Buku Tips Anti Gagal Membuat Kue by Yeni Ismayani

Bahan :
250 gr tepung terigu protein tinggi (terigu cakra)
5 gr garam
125 ml air es
125 gr Pastry Fat atau korsvet

Cara Membuat :
  • Campur terigu, garam, dan air es sedikit demi sedikit. Campur semua bahan hingga kalis (tidak menempel di tangan), lalu simpan di kulkas selama 15 menit.
  • Keluarkan adonan, lalu gilas setebal 2 cm membentuk kotak segi empat. Kerat keempat sisinya kearah tengah (mengikuti garis diagonal), tapi jangan sampai putus.
  • Letakkan pastry fat yang sudah dibentuk lempengan setebal kira-kira setebal 2 cm di tengah-tengah adonan.
  • Lipat setiap keratan ke arah atas hingga menutupi pastry fat. Balikkan adonan, lalu gilas perlahan-lahan setebal 2 cm. Lipat 4 bagian lalu istirahatkan adonan 15 menit di kulkas.
  • Keluarkan, gilas adonan sampai setebal 2 cm , lipat kembali, istirahatkan di kulkas. Lakukan sebanyak 2 kali lagi.
  • Ingat, selalu istirahatkan adonan setiap selesai menggilas untuk mencegah lemak meleleh. Kalo meleleh/pecah, nanti lembarannya kurang bagus.

Setelah tahapan selesai, gilas adonan lalu cetak dan diisi sesuai selera. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Ingat, selalu panggang Puff Pastry dalam oven panas suhu 210-220'C agar lembaran-nya bisa keluar dengan sempurna.

Jangan terlalu tebal mengolesi loyang dengan margarin karena ketika dipanggang, lemak dari puff pastry ini akan meleleh juga. Jadinya kalo kebanyakan diolesi margarin, nanti pastrynya akan basah.

Untuk resep yang ini, setelah tahapan terakhir saya langsung mencetak adonan dan memanggangnya tanpa mengistirahatkan lagi di kulkas. Biar begitu, lembaran-lembaran pastry yang renyah tetap bisa keluar dengan manisnya.

Tapi kalo boleh memilih.. saya lebih suka rasa Puff Pastry dari resep tantangan KBB#9 karena lebih wangi dari penggunaan butter, dan pastinya lebih legit... Sayang bikinnya agak ribet ya bow.. :D

Notes :
Pastry Fat atau Korsvet bisa diperoleh di TBK atau swalayan. Biasanya dijual per gram. Warnanya kuning seperti margarine tapi teksturnya lebih lentur.

8 comments:

Ike Hermawan said...

wahh..jualan puff pastry atuh...laku geura,,,

tita said...

mir, saya mah beli adonan pastry yang udah jadi, tp lupa merknya apaan, yang jelas, harganya sekitar 17rb, adanya di superindo. enak langsung cetak aja, waktu itu aku bikin isinya buah2an (pisang, apel, kismis) plus gula palem dan kayu manis ditumis. Wanginya ... enak banget. Cobain deh mir. enaaak ...!

Oti said...

kalo beli di superindo emang ada ya ?apa cuma di jakarta aja

gravityaroundme said...
This comment has been removed by the author.
gravityaroundme said...

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaa...keren mbak bisa bikin adonan pastry..aku ampun dj lah kalo disuruh bikin..bingung aku koq bisa jadi lapis2 gitu..anyway salam kenal ya mbak..:D

Infobisnisanda said...

Untuk resep kue puff pastry Anda bisa mencobanya di http://belajar-berwiraswasta.blogspot.com. Terima kasih.

Mama Belajar Bisnis said...

bikin kue dari puff pastry yang sudah jadi lebih simple dan harganya murah. tapi gak ada salahnya bikin adonan puff pastry sendiri. coba ah ! tks.

Fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Wah bermanfaat sekali nich resep puff pastry nya, ijin nyoba yach. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....