Saturday, November 28, 2009

Sate Afrika ala Dapur Ipoek

Sate Afrika yang booming di Jakarta selalu bikin saya penasaran untuk membuatnya. Saya dan suami memang senengnya WisKul alias tukang jajan. Denger ada Sate Afrika di Jakarta niat banget kesana buat nyoba sampe nyasar-nyasar karena tempatnya nyempil di Jl. KS Tubun - Tanah Abang.

Dan bertepatan dengan momen Iedul Adha kemaren, jatah daging Qurban saya coba bikin Sate ini. Alhamdulilah ya Allah bisa terus memenuhi sunnah-mu untuk berqurban setiap tahun. Big thanks to my hubby buat effortnya beli domba malem-malem ditengah guyuran hujan. Love you, Pop.

Gatau pengaruh domba yang Abang beli untuk Qurban terbilang domba muda, dan pengaruh saya minta jatah paha bawah yang konon dagingnya empuk, atau pengaruh lapar dan rewog, sate ini kerasanya enaaaaak.. Apalagi dicocol sama mustard dan sambal lampung.. Wedeeew... Kolesterol naik berapa digit nih yak..






Sate Afrika ala Dapur Ipoek

Bahan :
Daging domba muda, potong-potong kotak besar.
Bawang bombay 1 buah, potong-potong
Soda kue 1 sdt untuk melunakkan daging kambing. --> bisa juga dengan cara dibungkus dengan daun pepaya.

Bumbu :
Garam, merica hitam, cengkeh butiran, pala bubuk, ketumbar halus, penyedap rasa (kalo suka), dan kecap asin.

Pelengkap (wajib boo...) :
Mustard dan sambal lampung botolan.


Cara membuat :
  • Daging kambing dilumuri soda kue. Diamkan kurang lebih 10 menit. 
  • Panggang diatas bara dengan api kecil sampai matang sambil dibolak balik. Saya menggunakan panggangan disko diatas kompor gas.
  • Setelah matang, pindahkan daging kedalam wajan teflon. Beri semua bumbu lalu ungkep dengan api kecil sambil dibolak balik agar tidak gosong. Lama mengungkep kira-kira 20 - 30 menit.
  • Setelah diungkep, tempatkan daging di atas alumunium foil. Beri potongan bawang bombay, lalu bungkus yang rapat. Panggang di oven dengan suhu 200'C selama 30 menit. 
  • Sajikan dengan mustard dan sambal lampung.

Notes : 
  • Sate ini aslinya disajikan dengan pisang goreng sebagai karbohidrat.
  • Petunjuk cara memasak Sate Afrika saya dapat dari sini.

No comments: