Sunday, November 30, 2008

ONIGIRI (Nasi Kepal)


Komik ini nih yang paling menginspirasi gue buat nyobain bikin Onigiri (Nasi Kepal). POP CORN! Wakakakak.. Jaduuul.
Onigiri ini makanan kesukaan Nakky (Nauko), tokoh utama di komik ini. Dulu waktu SMP pernah nyobain bikin sendiri. Hasilnya boro-boro bisa rapih. Luarnya gak dilapisin nori. Ya eya lah. Tinggal di kota kecil mana bisa nemu Nori. Kalau daun pisang mah pabalatak..Hehehehe... Dalemnya juga cuma diisi pake abon. Tapi cukup lah menghilangkan penasaran sama yang namanya Onigiri.

Naah.. kebeneran kemarin adik ipar baru pulang dari Jepun, bawa oleh-oleh Nori. Langsung deh bikin. Isinya pake ayam cincang yang dicampur telur kocok, ditumis dengan bumbu hanya merica dan garam, lalu ditambah parutan keju.

Agak repot juga pas mau ngepalin nasi, soalnya harus dalam keadaan panas. Panasnya itu lo... Gilee... Jadinya saya memilih memipihkan nasi diatas centong. Lalu diberi isi, dan ditutup sambil dikepalkan (dipadatkan). Tangan kita usahakan dalam keadaan basah yah. Jadi nasinya nggak nempel-nempel dan bikin acara kepal mengepal jadi berantakan.

Oiya.. Kualitas beras mempengaruhi bagus atau tidaknya bentuk Onigiri. Pakai beras kualitas baik, dan tanak dengan air yang cukup. Kalau saya ditambahin agar-agar bubuk biar tambah empuk.

Soal rasa.. Memang si NORI ini membawa wangi yang khas. Gue sih doyan bangeeet. Tapi Rifa dan Suami gak suka. Nori baunya aneh katanya.

Ah payah...

Pict Pop Corn dari sini

5 comments:

Ike Hermawan said...

ha ha haaa..alungkeun kadieu onigiri na, blum pernah coba, cobaan ah engke buat bekel Avi,
kebetulan Avi suka sushi, jadi pas bosan sushi bisa ganti sama yg ini...mun campur ketan bisa kali ya...?

Mira Assjarif said...

enakan dicampur ketan Teh jadi teu sesah ngabentukna. Ini kebeneran kemaren pake beras organik jadi lumayan gampang. Ngan eta weh panasna kacidaa... Hihihihi..

mae said...

gw td pagi bikin nasi kepal jg Mir, tapi boongan. Abisna gw gak bgitu suka rasa khas jepang, apalago pake nori. Mo muntah rasanya.

Btw, rapiiiii jaliiiii boook ! Ini masih pake kamera rampokan ?

Mira Assjarif said...

kagak.. pake si brica. Kamera rampokan masih ada tapi adik gue lupa bawain chargernya. Whuaaa.. Mana gakbisa disubtitute sama alkaline. Betee..

Yah kok gak doyan Nori sih. Kan enak Mae.. Doyan doong.. (lho?)

Anonymous said...

like this link so much kakak.^^
tapi nori emang rasa'y aneh karena bau'y. hikss... ngerasain baru sekali pas j-fest SMA. bau'y itu lohh, pengen muntah.. T.T