Sunday, May 15, 2011

Kari Kacang Hijau

Tau hidangan ini dari Mba Emma Isti waktu LatBar Klappertaart beberapa waktu lalu. Belio dari Jakarta sengaja bawain Nasi Briyani, Ayam Panggang, dan Kari Kacang Hijau ini buat konsumsi para emak-emak rempong yang waktu itu ngumpulnya di rumah Jo. Rasanya enak dan unik karena baru sekali itu makan kari kacang hijau. Biasanya kacang ijo kan cuma dibikin bubur kacang ijo doang. Ternyata bisa toh dibikin hidangan asin. :D

Di BB group KBB, kumpulan emak-emak heboh dan gila.. Resepnya Kari Kacang Hijau ini dishare sama Mba Emma. Mumpung kemaren ada waktu off sehari, jadi kepengen bikin. Hasil jadinya agak beda sama yang Mba Emma bawa karena gak pake garam Masala. Bumbu kari nya saya pake yang buatan Senteurs d'Angkor dari Cambodia. Oleh-oleh dari adik ipar yang kerjanya jalan-jalan keliling dunia *ngiri*. Di kemasannya sih tertulis CURRY, 9 spices blended. Tapi bumbunya ternyata lebih tajam dari Kari India atau Timur Tengah. Mungkin karena ada tambahan lotus dan lengkuas merah khas Kamboja kali ya. Sotoy ah..

Yang jelas Kari Kacang Hijau ini sayah sukaaa... Dimakan sama Paratha atau Nasi juga doyan.

Ini resepnya yang dishare Mba Emma ya :

Dhaal Curry with Paratha

Kari Kacang Hijau (Dhaal Curry)

Bahan :
100 gr kacang hijau, kacang merah, kacang tunggak (boleh campur atau 1 macam saja) --> saya full kacang hijau. Rendam air agak lama ya biar pas dimasak gampang matang.
100 ml susu/santan/yogurt plain ---> saya pake susu
1 sdm minyak --> pake olive oil

Bumbu :
1 sdm jintan
2 sdm garam Masala atau bumbu kari India --> saya pake bubuk kari Cambodia
5 buah cabe rawit iris halus ---> skip
2 buah tomat potong kotak
1 sdt jahe parut --> pake jahe bubuk
1 sdm bawang putih halus (5 siung)
1 buah bawang bombay, potong kotak-kotak
1 sdm air jeruk nipis
1 rumpun cilantro atau daun ketumbar --> skip lagi kosong di swalayan
Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :
  • Rebus kacang hijau yang sudah direndam sampai mulai pecah
  • Panaskan minyak, tumis jintan sampai harum. Masukkan bawang putih dan bawang bombay. Aduk sampai harum lalu masukkan ke panci rebusan kacang.
  • Tambahkan semua bumbu, masak dengan api kecil sampai mengental.
  • Masukkan cilantro dan susu/yogurt/santan. Masak lagi sebentar. Cicipin rasanya ya. Kalo mau tambah kaldu bubuk juga bisa.
  • Angkat, hidangkan dengan Paratha.

Notes :
Kemaren masih punya selembar fillet ikan dori. Saya potong kotak-kotak lalu dimasukkan ke dalam Kari ini. Hasilnya kari nya jadi lebih gurih dan surprise ikan dori nya utuh alias gak ancur. Padahal ikan ini kan letoy dan lembut banget. Next mo bikin pake ayam fillet aah...

2 comments:

Rita Sella said...

mir, enak banget nih buat dingin-dingin :)

Anonymous said...

coba dengan udang juga mknyuss