Friday, June 4, 2010

Lapis Surabaya

 


Cake ini pernah jadi "setan" di Dapur Ipoek. Soalnya awal-awal nyoba tahun lalu sempet gatot maning gatot maning. Kebayang kan gimana purustesyongnya ngeliat cake yang pake telur satu kabupaten ini keluar dari oven dengan muka keriput berkerut-kerut. Rasanya pengen tereak setaaaaaaaaaaaannnn! *maap maap maap....

Tapi alhamdulilah setelah jam kencan sama oven dan mikser nya makin tinggi, order mulai rame bermunculan, berat badan juga makin nambah (yang terakhir itu resiko paling menyebalkan dari seorang Bakul Kue), akhirnya jadi makin tahu trik bikin cake yang bageuus. Terutama buat jenis cake ala Indonesia yang kebanyakan pake metode mengocok telur dan gula terlebih dahulu sampe ngembang, kental, dan putih. 




Souh'..... *pake gaya Chef Barra..


Seperti yang udah pernah diulas panjang lebar gatau juntrungnya disindang, Lapis Surabaya = 3 lapis, Lapis Malang = 2 lapis, Lapis Mandarin = (biasanya) 2 lapis tapi dengan bahan sedikit yang berbeda dengan Lapis Surabaya. Ada juga yang menyamakan Lapis Mandarin dengan Cotton Cake yang resepnya bisa dilihat disini. Lembutnya dijamin deh kalo udah nyoba yang namanya Cotton Cake.

Sebenernya ada satu metode bikin Cake Lapis Lembut ini dengan cara mengocok semua bahan kecuali margarin sampai mengembang dan kental. Persis kayak cara saya bikin Bolu Kukus.

Saya udah pernah nyoba pake resep dari Teteh Syanti (SG) yang ini. Hasil akhir cake memang lembut, tapi waktu dioven gak ngembang terlalu heboh kayak metode yang mengocok telur dan gula terlebih dahulu. Dan menurut saya sih metode pengocokan semua bahan secara bersamaan dalam jumlah bahan yang cukup banyak seperti ini, cocoknya digunakan buat yang punya mikser heavy duty. Kalo punyanya cuma mikser Akang Philips kayak punya saya.. Ahaaai... kayaknya agak susyeh deh buat dapetin tekstur cake yang lembut dan ringan karena mikser model gini gak punya whisk attachment seperti Kenwood atau Kitchen's Aid. *nangis pengen Kitchen's Aid... trus nangis pengen oven gas.. abis itu nangis pengen iPad... blaah..

Jadi, saran saya kalo mau nyoba Lapis Surabaya pertama kali, bisa pake resep versi ekonomis yang udah dicoba sama Teh Uci "Ibutio" disini. Telurnya 'cuma' 5 kok ditiap lapis. Dikali 3 jadi 15.. wakakakakaka... Ya lumayan daripada nyoba yang 30 telur sekaligus. Saya juga udah nyoba, hasilnya memang gak selembut yang pake kuning telur sekabupaten. Tapi not bad at all kok.. :)


Jadi, resep mana yang saya pake buat Lapis Surabaya yang fotonya nangkring di atas? Saya pake resepnya NCC yang aslinya 30 kuning telur. Tapi karena saya pake loyang 20 cm, jadinya resepnya saya sunat dikit biar muat ke loyang. Dan saya modifikasi untuk tepungnya yang aslinya cuma pake terigu aja.

Lapisan Kuning :
16 kuning telur
160 gr gula pasir
200 gr mentega (unsalted butter), kocok hingga creamy sekali. --> saya dicairkan, males ngocoknya.. :D
60 gr tepung terigu
10 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla 

  • Siapkan 2 buah loyang kotak 20x20 cm, alasi dengan kertas kue, oles margarine.
  • Panaskan oven 180'C.
  • Kocok kuning telur dengan gula sampai kental dan mengembang. 
  • Matikan mikser. Masukkan mentega kocok. Aduk rata. 
  • Masukkan ayakan bahan kering, aduk rata.--> karena mentega saya cairkan, setelah kuning telur dikocok mengembang , saya masukkan dulu ayakan tepung, setelah itu baru mentega cair.
  • Bagi ke dalam dua loyang. Panggang 20 menit sampai permukaannya kering kecoklatan. 

Lapisan Coklat 
8 kuning telur
80 gr gula pasir
100 gr mentega (unsalted butter), dicairkan
30 gr tepung terigu
10 gr coklat bubuk
1 sdt pasta coklat

Pembuatannya sama seperti lapisan kuning ya..

Penyelesaian :
Olesi satu lembar cake kuning dengan selai, tumpuk dengan cake coklat sambil ditekan-tekan, lalu olesi selai lagi, tumpuk dengan lapisan kuning. Potong dan rapihkan pinggirannya hingga rata.



Tadhaaaaa..... *gaya Wall E to Eve...

2 comments:

asti said...

buat aku yg suka bantet bikin kue mau cb ah resep anti bantetnyaa hehehe
mbak..kalo untuk loyang 24cm..jdnya brp telur ya..trus perbandingan tepung terigu dan tepung maizenanya bagaimana?

fanny said...

mba sebenernya teknik mengaduknya diaduk atau dilipat? kalau dapet resep sih aku suka bingung kapan dilipat kapan diaduk