Wednesday, December 9, 2009

Dari Bangka

Apa yang unik dari Pangkal Pinang sebagai Ibukota dari Kepulauan Bangka Belitung?

Ini salah satunya. Kue Piang isi Nanas.



Dilihat dari bentuknya udah ketahuan kalo kue ini empuk. Teksturnya mirip dengan Roti Gambang khas Betawi, tapi tidak menggunakan rempah berupa kayu manis atau cengkeh ataupun pala. Bahan-bahannya seperti yang tertera di kemasan adalah terigu, santan, gula, dan selai nanas. Kue ini sepertinya digoreng, bukan dipanggang karena warna coklat di permukaannya merata sekali.

Piang Nanas selain empuk, rasa manisnya tidak terlalu kuat. Rasa manis dominan didapat dari selai nanas di dalamnya. Sekilas kue ini mirip dengan Kek Nanas khas Krui (Lampung) yang suka dibawain mertua saya. Tapi dengan tekstur yang lebih empuk tentunya karena Kek Nanas khas Krui lebih mirip pie yang renyah tapi padat dan tebal.

Selain Piang Nanas, oleh-oleh yang lain kebanyakan berupa kerupuk yang terbuat dari ikan, cumi, dan udang. Ada juga terasi khas Bangka, dan Kue Jahe yang mirip seperti Kue Bangket. Mungkin ini yang dibilang Teh Sofie sebagai Bonlipiang. Bener gak sih Teh Ncop? :D



Selain itu, sebelumnya Abang juga sempat bawain Otak-otak dan Pempek khas Bangka. Agak unik karena Otak-otak nya dicocol bukan ke sambal kacang seperti otak-otak yang biasa disantap di Pulau Jawa. Tapi dicocol ke Kuah Merah yang asam dengan aroma yang menyengat. Begitu juga dengan pempeknya. Bentuknya lebih kecil dengan tekstur empuk, dan dimakan juga dengan kuah merah. Kalau penasaran seperti apa bentuk dan rasanya, silahkan klik KESINI.

Selain itu ada juga Tekwan yang merupakan makanan khas Bangka. Tekwan nya enak.. Kuahnya mirip kuah bakso. Dimakan dengan jeruk kecil yang besarnya sebesar jeruk nipis tapi dalamnya berwarna oranye seperti halnya jeruk Pontianak atau Jeruk Garut. Rasanya pun tidak terlalu asam. Sayang tidak sempat difoto.. Keburu habis disantap.. :D

Kata Abang waktu di Bangka dia diajak makan Ikan kuah Kuning yang rasanya luaaaaarr biasa enak. Huks jadi kepengen.. Mudah-mudahan nanti kita bertiga bisa ikut mengunjungi pulau kecil ini untuk sekalian berwisata.



5 comments:

ike said...

meni rajin abangnya beli oleh2 makanan....:) aya keneh?

Mira Assjarif said...

Aya.. Nanti dicicipi ya Teh.. Uhuuy..

Sofie said...

Mirrrr... baru mulai blogwalking lagi niih :D

yang dimaksud sy Bonlipiang ya kue piang nanas itu.
Trus emang nih, disini kalo nyari jeruk nipis yang kayak di bandung ngga bakalan ada xixix.. semuanya warnanya oranye gitu.
Kebeneran nih baru beli Otak2 belinyu segambreng, ntar mau dipotret aah.. :D

salam sono

Anonymous said...

Hai Mbak Mira, klo otak2 di bangka sambal/sausnya ada 3 rasa, cuka tauco, cuka terasi, cuka jeruk.
Ayooo kapan main ke Bangka.
Salam dari Bangka.

Anonymous said...

Hai Mbak Mira, klo otak2 di bangka sambal/sausnya ada 3 rasa, cuka tauco, cuka terasi, cuka jeruk.
Ayooo kapan main ke Bangka.
Salam dari Bangka. Desy