Thursday, January 8, 2009

Kue Sakura TanpaTelur

Senengnya nemu resep kue sakura yang nggak pake telur. Praktis, tanpa mixer, dan hasilnya gak kalah enak dari yang pake telur. Biar gak punya cetakan kue sakura, yang penting hasilnya weenak.. :)

Kue Sakura Tanpa Telur
Source : Joy of Cooking

Bahan :
150 gr gula pasir
250 ml air panas
170 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt vanilli
25 gr susu kental manis --> Cokelat atau putih sesuai selera. Saya pake putih.
25 gr mentega/margarin dicairkan
1/2 sdt bubuk kayu manis --> saya tambahin sendiri

Cara Membuat :
  • Buat karamel, panaskan gula pasir dengan api kecil. Aduk sesekali. Setelah meleleh dan kecoklatan, masukkan air panas. Masak sampai karamel larut. Angkat, dinginkan. Lalu campur dengan susu kental manis, vanilli, dan margarin cair.
  • Ayak terigu, baking powder, soda kue, dan kayu manis bubuk. Lalu masukkan larutan karamel kedalamnya. Aduk sampai rata.
  • Masukkan adonan dalam cetakan yang sudah dioelsi minyak/margarin. Kukus dalam panci kukusan yang sudah panas dan beruap selama 25 menit sampai matang.
  • Cukup untuk membuat 10 - 12 cup kue sakura

Oiya.. Mau cerita dikit ah...

Mulai bulan Januari 2009, kayaknya Dapur Ipoek bakalan sering-sering bikin jajanan tradisional. Dari mulai kue basah atau snack ringan yang biasa dijual di kantin-kantin. Kebeneran ada temen Suami yang baru buka kantin kecil berbarengan dengan Apotek miliknya di daerah pusat kota. Dia lalu menawarkan Dapur Ipoek untuk menyuplai kue-kue kecil, tapi bukan gorengan karena udah dibikin sama tukang masaknya. Wuaaaah mau bangeeet... Memang jadinya agak repot karena tiap pagi kudu bangun sebelum subuh, berkutat di dapur untuk bikin setidaknya 2 jenis makanan kecil. Semuanya diusahakan jadi sebelum Rifa bangun. Karena kalo udah bangun.. Widiiih kebayang deh repotnya.. Saya kan gak pake pembantu. Kapok..

Untung dong, Mir? Ah nggak juga..

Namanya kantin baru buka. Walaupun terletak di daerah ramai, tapi yang namanya newbie kan gak bisa langsung jreng untung. Lagian kalo mau ngejar untung sih males ya bo... Wong nyuplai paling banyak 30 biji kue. Ini sih itung-itung nambah kegiatan aja daripada internetan mulu. Huh.. dasar sarjana sia-sia...

Saking males ngitung modal dan untung, kalo ditanya mau dijual berapa per-piece-nya, saya selalu bilang terserah yang punya kantin aja. Wahahahaha...
Photobucket
Dan yang namanya baru belajar, hari pertama nyuplai kue udah senewen. Bikin Onde-Onde katanya rasanya enak tapi kulit dalemnya banyak yang belum mateng karena ketebelan. Belum lagi bikin bolu kukus yang ngakak-nya cuma setengah. Hihihihi.. Maap ya..

Yah walaupun penampilannya masih belum sempurna, tapi mudah-mudahan kalo dilatih terus, kan lama-lama bisa jadi bagus. Hope so..

9 comments:

la maman de naiya said...

say...ikut seneng ada usaha baru ya. asik tuh, bisa nyalurin hobby masak, sekaligus bisnis. btw, ini kue sakuranya ga seret Mir? tetep lembut kan?

Mira Assjarif said...

thanks yaa... iya ni mayan lah pos anggaran buat belanja bahan kue sekarang gak gasak duit gaji suami. hihihihi......

gak seret. sama sekali nggak. malah terlalu lembut. kayaknya terigunya harus ditambahin atau airnya harus dikurangi. :)

Vierly said...

Bu'...g baru mampir lagi lo ternyata udah jadi tukang kwe beneran.. sukses yaa.. ntar kalo g ke Bandung bisa nyobain dooong ;)...

Mira Assjarif said...

Taelaa kagak lagi Vier.. Cuma kecil-kecil aja. Gak sanggup gue jadi tukang kue. Repot bangeeet. Segini aja gue udah pengen stop. Remuk banget badan gue.. :)

Ike Hermawan said...

waaaah kesempatan emas nih Mir...jgn disia2kan...kadang selain rasa, penampilan kue dan pengemasan patut dipikirkan...
sukses dan lancar yaaaaa....

biasana mah jajanan pasar mah laku wae...didieu nya kadang org ga mikir rasa, nu penting wujud si makanan tradisional, harga brpapun suka dibeli....he hehe...tp sy mah kapok beli kue jajan pasar didieu...mahalna gileee...rasa...enakan bikin sendiri...:D

Mira Assjarif said...

Waaah kalo gitu ada chance buat jualan makanan tradisional doong. Kan lumayan tuh hasilnya. Apalagi kalo harganya mahal.

Nuhun supportna Teh. Masih kecil-kecilan banget. Cape ternyata ya jadi tukang kue teh.. :(

Ai said...

mba Mira,aku dah cobain bikin kue sakuranya..enak lho...(makasih ya) tapi waktu aku coba dengan 3 resep eh gak ngembang..apa karena kebanyakan susunya ya? soalnya aku gak ukur lagi, tapi perkiraan 3/4 gelas...maklum..aku baru belajar bikin kue, tapi males nimbang dan males mixer..hehehe

Anonymous said...

Mbak Mira, sy sdh cobain resepnya..wuenakk...
tapi lah kok pada percobaan kedua kuenya kok ada yang kayak bantet gitu ya? dimanakah kesalahanku..?
tutup dandang sdh aku tutupi pake serbet..

Anonymous said...

salam kenal mbk Mira,

begitu aku nemu resep ini, pulang kerja aku lsg praktek'in di dapur (penasaran bgt soalnya, masak iya sih gak pake telur bisa empuk). setelah jd..ehh..beneran lho empuuukkk bgt. dan krn msih ada sisa aku simpan deh di kotak makan. dan paginya aku cek lagi. ehh tetep empuk dia. cuman aku ada yg gak sregg nih..mgkin aku bikin karamel nya yg gak bagus, jadinya agak ada rasa pait, dikiiittt bgt. dan kurang manis. btw..makasih ya mbk udah share resep ini. next..kalo ada resep2 yg "irit2" gitu bagi2 lagi ya mbk...(nah lo...wkwkwk)

rgrd,
Yani