Thursday, March 18, 2010

Okonomiyaki

Pancake sayuran? Atau bala-bala? Ah ieu mah bala-bala didagingan.. 

Kalo suka baca komik Jepang, sedikit banyak bakalan hapal sama makanan yang satu ini. Dulu saya penggemar berat komik Time Limit. Karakter Nina Onoda yang doyan makan selalu bikin saya ketawa ngikik di bawah bantal. Maklum dulu kalo baca komik suka sembunyi-sembunyi soalnya kalo ketahuan Ibunda suka dipelototin.

Dalam satu episode komik ini, ada cerita Nina pesen Okonomiyaki versi jumbo yang abis dalam satu suapan. Super hiperbola tapi beneran itu salah satu yang terlucu kalo menurut saya sih. Wakakakakakakakakakkakakaka... *garame ih ketawa olangan..

Ehm.. yang mau tau kayak apa Okonomiyaki di Jepang biasa disajikan, klik SINI


Buat sarapan mah cocok deh. Cepet dan mengenyangkan.


okonomiyaki

OKONOMIYAKI
Japanese Vegetables & Meat Pancake

Bahan :
100 gr tepung terigu
150 ml dashi atau air kaldu
1 butir telur
Garam dan merica secukupnya

Sayuran :
Kol, wortel, yang diserut
1 batang daun bawang iris-iris

Daging :
Any kind of meat you like. Beef, cumi, tuna, ayam, crab stick, gurita, marmut.. (kidding). --> Buat menghindari salmonella, matangkan dulu dagingnya dengan cara ditumis bentar.

Saus :
Mayonaise
Saus tomat & saus sambal
Mustard
Kikkoman Soy Sauce

Ada juga resep mudah Saus Okonomiyaki dari sini. Dibuat dari kecap, kecap inggris, kikkoman, mustard, dan ehm.. sake.. *gak boyeh dong ya..

Cara Membuat : 
  • Campur terigu dan air kaldu. Aduk sebentar saja buat menghindari glutennya keluar. 
  • Masukkan telur, garam, dan merica. Aduk rata.
  • Tambahkan sayuran dan daging.
  • Panaskan wajan ati lengket, beri sedikit minyak. Tuang adonan diatasnya, lalu matangkan. 
  • Panaskan satu wajan lagi, beri minyak. Balik okonomiyaki diatas wajan baru. Lalu matangkan. 
  • Sajikan dengan sausnya. 

8 comments:

ika said...

mmmm.... ide bagus buat ngakalin anak yg ga doyan sayur. contek ya, mir..

Andi Sri Suriati Amal said...

salam kenal, blognya bagus sekali...

Ike Hermawan said...

bener2 fans berat japanese food neeeeh.....:)

Mira Mamanya Rifa said...

Ika, iya.. tapi anakku sih tetep gamau. Lebih doyan Sayur Bayam bening.. :D

Andi, salam kenal juga. Terimakasih Mba.. :))

Teh Ike.. hihihihihi... bangeuud.. :D

miki said...

ko gambarnya kayak bakwan dikasih saos+mayones yak....

*heheheh...piiiiss...

TUANMUDA Takoyaki Okonomiyaki said...

nice info
thanks ya bro

TikaDOGI said...

bakwan jepang hehehe :D

cara memakai jilbab said...

waaa.. kayanya enakk.. bedanya sm bakwan selain daging di air kaldu kayanya yaa,, coz ak bikin bakwan ga pake kaldu,, n kayanya tambah mantap, bakwan aja ud enak apalagi ditambah kaldu n daging,,, jd pengen bikinnn